Toyota Sienta, Nama Sama Spesifikasi Beda

Toyota Sienta Jepang dan Indonesia Berbeda – Konon katanya MPV Toyota terbaru, Toyota Sienta, hanya akan diproduksi di dua tempat di dunia. Pertama di negara asalnya perusahaan ini, Jepang dan yang kedua di Indonesia. Entah karena alasan apa Indonesia dipilih untuk menjadi basis produksi kedua. Namun yang jelas, Toyota memang memiliki pabrik di bawah naungan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Lokasi pabrik tersebut tercatat masih di daerah Karawang, Jawa Barat.

toyota-sienta-nama-sama-spesifikasi-beda

Ternyata, dengan nama yang sama dan masih mendapatkan supervisi yang sama dari Toyota tidak membuat Toyota Sienta kedua negara tersebut kembar identik. Pasalnya, untuk varian ragil dikabarkan akan mengalami beberapa penyesuaian spesifikasi dan fitur. Mungkin saja daripada dikatakan Toyota Sienta hasil kloningan produksi Jepang, sebenarnya lebih cocok kalau dikatakan sebagai rekayasa genetika dari produksi Toyota Sienta di Jepang.

Dilansir dari Kompas (8/4/2016), Chief Engineer Toyota Sienta Hiroshi Kayukawa pada acara IIMS 2016 menyatakan bahwa pengembangan Toyota Sienta terbaru harus memiliki karakter yang fungsional, menyenangkan, kaya akan fitur namun tetap memiliki daya tarik yang menawan.Lebih lanjut, dijelaskan bahwa Toyota Sienta Indonesia memiliki perbedaan di bagian mesin, transmisi, hingga tampilan eksterior, dan interior daripada saudara tuanya di Jepang. Tentunya apabila mendasari dari pernyataan tersebut dapatlah disimpulkan memang Toyota Sienta rasa Indonesia berbeda dengan toyota Sienta rasa Jepang.

Baca juga review Toyota Sienta

separator

Detilnya, Toyota Sienta rasa Indonesia tersebut memiliki variasi transmisi. Terdapat varian dengan Continuously Variable Transmission (CVT) 7-percepatan dan ada pula yang masih bertransmisi manual 6-percepatan. Untuk urusan Jantung besinya, keduanya masih sama-sama menggunakan mesin yag betipe 1.5-liter Dual VVT-i. Berdasarkan sumber yang sama, adanya transmisi manual yang dipasarkan di Indonesia karena memang konsumen Indonesia masih tertarik dengan mobil bertransmisi manual, berbeda dengan Jepang yang mayoritas mengandalkan matik.

Untuk sisi interiornya, ternyata telah ditambahkan unsur budaya Indonesia. Batik menjadi pilihan untuk disematkan sebagai ornamen pada dashboardnya. Ornamen ini sengaja disematkan untuk menghormati budaya Indonesia, sehingga memang semua varian memiliki ini hanya saja dengan corak warna yang berbeda. Satu hal lagi yang paling penting adalah masalah ground clearence. Memahami kondisi jalanan di Indonesia tidak begitu bersahabat, Toyota Sienta hadir lebih tinggi daripada di Jepang. Hingga saat ini mas Sena belum mendapatkan informasi terkait metode yang digunakan dalam peningkatan ground clearence ini. Apakah sekedar mengganti ukuran ban, atau memang merubah rangka. Tentunya keduanya mampu membuat rasa yang beda dengan Toyota Sienta Jepang. Baca juga Rumor, Honda Segera Rilis Supra X150 dan Setelah Disembunyikan, Civic Turbo Dipajang.

Top