Indonesia, Negara Pertama di Dunia Yang Memproduksi Toyota Sienta!

Toyota Sienta Diproduksi Pertama Kali di Indonesia Setelah Jepang – Selain negara Jepang, negara Indonesia adalah negara pertama di dunia yang memproduksi Toyota Sienta. Produksi tersebut dilakukan di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang terletak di Karawang, Jawa Barat.

Toyota Sienta Diproduksi Pertama Kali di Indonesia Setelah Jepang

Alasan Toyota Motor Corporation memilih Indonesia menjadi basis produksi Sienta pertama di dunia karena pabrik Toyota di Indonesia dikenal sebagai basis produksi kendaraan yang sesuai dengan keinginan konsumen. Hal ini sejalan dengan rencana Toyota dalam mengembangkan Sienta.

Dalam masalah desainnya, Toyota Sienta sendiri didesain bukan sebagai mobil MPV biasa melainkan didesain khusus dengan eksterior yang unik sehingga bisa menarik perhatian dari konsumen di Indonesia. Menurut rencana Toyota Sienta buatan Indonesia ini baru akan dipasarkan lokal saja, dan belum masuk ekspor.

Seperti yang dijelaskan oleh Hiroshi Kayukawa selaku Chief Engineer Toyota Sienta menjelaskan bahwa akan ada beberapa perbedaaan antara Toyota Sienta yang di Indonesia dengan Toyota Sienta yang di Jepang. Perbedaan tersebut mulai dari tampilan interior maupun ekterior mobil, mesin, transmisi serta teknologi dan fitur yang nantinya akan dihadirkan. Jika di Indonesia akan disediakan dengan dua pilihan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) 7-percepatan dan manual 6-percepatan, maka lain halnya dengan Jepang yang hanya menghadirkan satu pilihan otomatis. Karena pada dasarnya di Jepang sudah tidak ada lagi yang menginginkan mobil dengan transmisi manual.

Baca juga review Toyota Sienta

“Tujuan kami dalam mengembangkan mobil terbaru ini adalah harus memiliki karakter yang fungsional, menyenangkan, fitur berlimpahm namum tetap memiliki daya tarik yang menawan,” ujar Kayukawa dalam sambutannya di booth Toyota Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (7/4/2016).

Tidak hanya itu saja, perbedaan mencolok yang dihadirkan antara Toyota Sienta Indonesia dengan Jepang adalah pada interior versi Indonesia disematkan ornament batik di bagian dasbor dan juga ground clearance-nya dibuat berbeda. Untuk versi Indonesia lebih tinggi 25 mm dengan Sienta yang dijual di Jepang. Hal ini dikarenakan kondisi jalanan di Indonesia yang banyak genangan sehingga nantinya bisa memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Top