Terlalu Mahal, Hyundai Tak Tertarik Bawa Sedan ke Indonesia

Pajak Besar, Hyundai Enggan Bawa Sedan dan Mobil Hybrid Masuk Indonesia – Untuk masuk ke Indonesia, pajak yang dikenakan untuk unit sedan termasuk dalam kategori pajak penjualan barang mewah (PPnBM) yakni sebesar 30 persen. Hal itulah yang membuat harga sedan di Indonesia menjadi sangat mahal, bahkan sama mahalnya dengan mobil hybrid.Oleh karena itu Hyundai belum ada rencana untuk membawa masuk sedan juga mobil hybrid miliknya ke pasar Tanag Air.

pajak-besar-hyundai-enggan-bawa-sedan-dan-mobil-hybrid-masuk-indonesia

Belum adanya insentif dari pemerintah adalah salah satu faktor yang menyebabkan harga sedan dan mobil hybrid di Indonesia melambung sangat tinggi. Dalam hal ini PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) mengungkapkan seperti yang dirangkum dari halaman Okezone, Jumat (08/04/2016). Pihaknya mengatakan bahwa dalam waktu dekat masih belum ada rencana untuk mendatangkan sedan dan mobil hybrid.

Berbeda dengan Indonesia, jika melihat negara lain, Hyundai hybrid banyak tersebar dimana-mana. Hal itu karena di negara kita masih belum ada peraturan khusus mengenai hybrid, selain itu harganya juga sangat tinggi. Inilah yang paling membuat Hyundai tak tertarik untuk mengeluarkan hybrid.

Sebagai informasi, saat ini Hyundai Mobil Indonesia (HMI) hanya memasarkan sedan coupe Sonata. Mahalnya sedan coupe Sonata juga menyesuaikan pajak masuknya sedan ke Indonesia yang dikategorikan sebagai barang mewah. Selain sedan, produk lain di luar sedan diantaranya adalah H-1, Grand Avega, Santa Fe, Tucson, Starex dan Grand I10.

separator

Informasi tambahan, saat ini untuk Hyundai All New Tucson dan New H-1 Meluncur di IIMS 2016.

Sementara di negeri Ginseng, yang merupakan negara kelahirannya Hyundai sendiri telah memiliki berbagai macam mobil sedan. Beberapa diantaranya adalah Sonata Turbo, Genesis, Azera, i40 sedan, Elantra, Accent dan sebagainya.

Sedangkan untuk model Hybrid, Hyundai punya Sonata plug in hybrid dan Sonata Hybrid.

Selain Hyundai, sebetulnya ada beberapa produsen lain yang juga sempat mebahas hal ini. Namun, berbeda dengan Hyundai yang sama sekali tak memiliki rencana membawa Hybrid ke Indonesia. Beberapa APM bahkan telah mempersiapkan mobil hybridnya hanya saja kendalanya masih sama, menunggu kebijakan pemerintah agar harganya tak terlalu tinggi. Baca juga Daihatsu Berikan Program Menarik di IIMS 2016 dan Toyota Sienta Jepang dan Indonesia Berbeda

Top