Welcome Toyota Sienta, Honda Freed Sehat?

Sienta Sampai Indonesia, Freed Apa Kabar? – Pertama kali Honda meluncurkan Freed di pasara Tanah Air sejak tahun 2009 lalu. Semenjak itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) bermain di segmen tersebut tanpa ada satupun pesaing di kelas yang sama. Namun saat ini, agen pemegang merek (APM) lain yakni PT Toyota Astra Motor (TAM) telah memperkenalkan bahkan mendatangkan produk di kelas yang sama, yakni Toyota Sienta. Benar-benar pesaing, pasalnya model dan bodinya sangan mirip. Bagaimana dengan Honda Freed, apakah tak masalah?

sienta-sampai-indonesia-freed-apa-kabar

Menanggapi kedatangan Toyota Sienta, Jonfis Fandy selaku Marketing and After Sales Service Director PT HPM, pihaknya mengungkapkan bahwa hal ini tak masalah. Menurutnya, masing-masing ada segmen sendiri.

Ia menilai, untuk kondisi pasar semua tergantung pada konsumen yang memilih. Jika memang setelah kedatangan Sienta ke depannya nanti penjualan Freed menjadi jatuh, tentu saja Honda telah mempersiapkan antisipasi dengan mengandalkan model lain. Inilah yang namanya persaingan, kapan saja harus siap dengan segala kemungkinan.

Advertisement

Untuk hal ini Jonfis menyebut model lain seperti Mobilio, BR-V, dan juga HR-V. Untuk itu, HPM tak perlu merasa khawatir dnegan kehadiran pesaing barunya itu. Jonfis sendiri mengaku bahwa mereka telah melakukan survei karena semuanya adalah tergantung pilihan konsumen.

Sebagai informasi, terakhir kali Honda memberi pembaruan pada Freed adalah pada bulan September tahun 2014 lalu yang pada saat itu bertepatan dengan gelaran ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014.

Perubahan yang ditawarkan oleh Freed sendiri telah terlihat yaitu meliputi grille baru, desain lampu belakang baru, rear camera yang juga untuk memberi visibilitas penuh pada layar sentuh saat mobil berjalan mundur. Tak hanya itu, untuk radio streaming switch juga akan bisa berfungsi sebagai pusat kendali audio selama penjalanan tanpa perlu melepaskan tangan dari kemudi, juga diberikan teknologi ISOFIX&Tether.

Honda Freed sendiri di Indonesia ditawarkan dalam dua vraian harga, yakni model Honda Freed S bertransmisi otomatis dibanderol dengan harga Rp271 Juta dan untuk model Freed E bertransmisi otomatis dibanderol dengan harga Rp 293 juta.

Sementara pesaingnya, Sienta akan dibanderol dengan 4 varian harga yaitu Model E,G, V dan Q. Semuanya mengandalkan mesin teknologi terbaru yakni NR series. Kisaran harganya sendiri adalah mulai dari Rp 230 juta hingga Rp 295 juta. Baca juga Toyota Sienta Jepang dan Indonesia Berbeda dan Toyota Sienta Diproduksi Pertama Kali di Indonesia Setelah Jepang

Top