BMW, Terlalu Mewahkah?

Skuter Matik BMW dan Pabean – Siapa yang tidak kenal dengan merk BMW? Merk mobil yang sellau menyasar kelas atas ini tak henti-hentinya menyematkan kesan premium di semua produknya. Terakhir, melihat perkembgan otomotif kendaraan roda dua cukup prospektif, BMW mulai melebarkan sayap di dunia tersebut. Dengan andalan varian jenis Skuter Matik, BMW berharap mampu  menggarap kelas skuter matik premium di dunia.

bmw-terlalu-mewahkah

Itu harapan BMW, beda lagi dengan kenyataan di Indonesia. Sebagai negara berkembang, tentunya patokan harga menjadi hal-hal yang tak bisa ditawar-tawar lagi apalagi untuk urusan produk impor. Dengan dalih ketahanan produksi dalam negeri dan perlunya pemertaan kekayaan rakyatnya, Pemerintah Indonesia memang selalu membuat aturan-aturan yang memang reasonable. Tentunya harga BMW premium yang mahal akan menempatkan kelasnya pada kelas barang mewah. Untuk aturan di Indonesia sendiri, selain ada pajak barang mewah, aturan bea cukai alias bea masuk barang impor yang tergolong mewah punya kerumitan tersendiri.

Advertisement

Hal ini yang mungkin membuat BMW Motorrad (Maxindo Moto Indonesia) gagal merealisasikan janjinya untuk memboyong dua skuter matik bongsor miliknya, C 600 Sport dan C 650 GT, di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Dilansir dari Kompas (9/4/2016), Joe Frans, CEO PT Maxindo Moto memberikan informasi kalau kedua jagoan BMW tersebut masih tertahan Pabean pelabuhan. Masalahnya, BMW tidak mau berterus terang apa penyebab dari dua skutik tersebut dilarang berangkat ke IIMS. Walau demikian, Joe sendiri berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sehingga paling ti 2016dak minggu depan sudah bisa diboyong ke IIMS 2016.

Padahal ajang IIMS 2016 ini ingin dimanfaatkan BMW sebagai ajang pamer kedua jagoannya tersebut bisa sampai ke Indonesia. Bahkan, rencanannya kalau-kalau ada yang berminat dapat langsung meminang kedua jagoan tersebut. Tertahannya kedua varian skutik tersebut tentunya sedikit banyak mengacaukan rencana BMW dalam pameran IIMS 2016 tersebut. Bagi sebagian pengunjung IIMS 2016, hal tersebut tentunya menajdi kekecewaan tersendiri yang tak bisa dilukiskan. Entah apa masalah yang sebenarnya. Jikalau memang urusan harga yang jadi penghalang, tentunya memang menjadi klaim logis sepihak sebagian orang. Terang saja, harga Skuter Matik BMW C 600 Sport saja dijual pada angka 488 juta rupiah. Sedangkan saudaranya, BMW C 650 GT dibanderol dengan angka 509 juta rupiah. Dengan harga nyaris setengah milyar rupiah, rasanya memang agak sulit masuk begitu saja ke Indonesia kalau tidak dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Baca juga Peminang Toyota Sienta Perlu Re-Check Sebelum Pulang dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah Untuk Sedan Terlalu Tinggi.

Top