Harga BBM Turun, Adakah Pengaruhnya Bagi Penjualan Kendaraan?

IIMS Bisa Jadi Pengujian Pengaruh dari Turunnya Harga BBM – Pemerintah telah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) baik subsidi maupun non subsidi pada akhir bulan Maret 2016 kemarin. Harga BBM umum seperti pertamax, pertamax plus, petralite dan juga pertamina dex diturunkan Rp 400 per liternya. Seperti diketahui, dalam bulan Maret, pemerintah telah menurunkan dua kali penurunan. Lalu untuk bahan bakar bersubsidi seperti solar dan biosolar mengalami penurunan sebesar Rp 200 per liternya serta untuk premium turun Rp 500.

iims-bisa-jadi-pengujian-pengaruh-dari-turunnya-harga-bbm

Upaya pemerintah melakukan penurunan harga BBM tersebut diharapkan akan bisa berpengaruh pada angka penjualan kendaraan. Namun, rupanya dampak tersebut masih belum bisa terlihat secara langsung.

Terkait hal ini, Head of MMC Sales Group PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Imam Choeru Cahya menuturkan seperti yang dilansir melalui halaman Okezone, Senin (11/04/2016) bahwa penurunan harga BBM hanyalah salah satu faktor yang bisa memengaruhi naiknya angka penjualan mobil, masih ada beberapa faktor lain seperti suku bunga dan indikator lainnya.

Namun, pihaknya tetap berharap penurunan harga ini akan menjadi awal yang bagus untuk menarik minat masyarakat untuk membeli mobil baru.

Imam sendiri kemudian mengungkapkan pendapatnya di kesempatan pameran IIMS 2016. Menurutnya, penurunan harga BBM juga bisa menjadi isu untuk bulan April. Ia berharap, di bulan April ini mereka bisa mengakselerasi angka penjualan.

Ada tidaknya pengaruh, lanjut Imam, juga tergantung pada besarnya penurunan. Penurunan harga BBM saat ini masih dirasa terlalu kecil untuk bisa memberi efek langsung ke penjualan mobil.

Advertisement

“Kami masih belum melihat (dampaknya) karena memang kan baru diimplementasikan bulan April ini. Selain itu, bergantung pada besarnya juga. Tapi, kami masih terus melihat. Mudah-mudahan di event ini (IIMS) bisa terlihat ada akselerasi. IIMS ini bisa menjadi semacam pengujian,” jelasnya dari sumber yang sama.

Mitsubishi Motors sendiri memamerkan kendaraan penumpang unggulannya pada pemran IIMS 2016 yang saat ini tengah di gelar hingga tanggal 17 April mendatang. Dalam pameran, dipajang model all new Pajero Sport yang saat ini masih menjadi ikon Mitsubishi. Selain itu ada juga Outlander Sport, Delica, dan juga Triton. Baca juga Ferrari Hadir di IIMS 2016, Pengunjung pun Terpana dan Pajero Sport membuat Pengunjung Makin Penasaran

Top