Toyota Sienta Melawan Mobil Bekas Freed

Perseteruan Dua Vendor Semakin Hangat, Honda vs Toyota – Vendor Toyota harusnya berbangga dengan peluncuran varian barunya Toyota Sienta di Indonesia. Namun, pasar memang sulit untuk diprediksi. Apalagi untuk urusan kotak besi berjalan, pasarnya bagaikan hutan rimba yang memiliki risiko tidak terkira. Baru saja dikatakan lahir, Toyota Sienta malah punya pesaing tangguh. Bukan pemain baru, malah disaingkan dengan pemain lama Honda Freed. Itupun dengan kondisi sekon alias bekas.

toyota-sienta-melawan-mobil-bekas-freed

Tentunya, hal ini sangat berbahaya bagi Toyota Sienta. Pasalnya, mobil yang abru rilis beberapa waktu yang lalu di Indonesia ini, baru bisa dikendarai sekitar Juli-Agustus 2016. Tentunya ini merupakan aji mumpung vendor-vendor yang bermain pada kelas yang sama untuk menikung pasar Toyota Sienta. Ibaratnya malah layu sebelum berkembang.

Hal demikian nampaknya mulai memperlihatkan gejala yang signifikan. Dilansir dari Kompas (12/4/16), Statistik penjualan Honda Freed bekas sudah mulai mengalami peningkatan semenjak Toyota Sienta dirilis. Rasanay mungkin ada yang salah, niat untuk mempromosikan diri malah menjadi buah simalakama yang dimakan sendiri oleh Toyota Sienta. Senior Manager Marketing WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih menyatakan, alasan konsumen lebih memilih Freed karena Freed sekarang sudah tersedia dengan spesifikasi yang mirip-mirip dengan Toyota Sienta. Apalagi untuk masalah yang sensitif semisal harga juga ternyata tidak beda jauh antara Freed dan Toyota Sienta.

Payahnya, Honda Freed bekas sekarang di jual 150 juta rupiah. Menjadikan Toyota Sienta perlu tahan napas lebih dalam. Tentunya dengan harga hampir setengahnya, konsumen akan cenderung lebih memilih Freed. Apalagi mengingat Freed sudah ada barangnya, sedangkan Sienta belum. Jikalau konsumen mendesak ingin memiliki mobil, tentunya akan memilih Freed ketimbang Sienta. Hal ini semakin diperkuat dengan peningkatan harga mobil bekas Honda Freed. Sebagaimana prinsip ekonomi, semakin kuat permintaan maka cenderung harga semakin naik, harga Honda Freed mengalami fluktuasi serupa.

separator

Lantas berapa banderolnya? Dilansir dari sumber yang sama, harga Mobil bekas Honda Freed saat ini seharga 160 juta rupiah. Dengan harga segitu, asumsi konsumen sekarang sudah membeli Honda Freed, maka Toyota Sienta sudah kehilangan pelanggannya. Pasalnya, ketika Toyota Sienta benar-benar sudah bisa dibawa pulang, bisa jadi perilaku konsumen akan menjatuhkan harga mobil bekas. Oleh karena itu konsumen akan menahan diri untuk melakukan tukar tambah dengan Toyota Sienta tersebut. Akhirnya? Memang bisa dibilang gawat bagi masa depan Toyota Sieanta. Nampaknya TOyota perlu menerapkan strategi marketing yang lebih baik agar tidak segera ditinggal ke lain hati oleh konsumen. Baca juga Sienta Sampai Indonesia, Freed Apa Kabar? dan Peminang Toyota Sienta Perlu Re-Check Sebelum Pulang.

Top