Si Bajaj Roda Empat Ditolak di Negaranya Sendiri!!

Qute, Bajai Beroda Empat Dianggap Tidak Memiliki Fitur Keselamatan Standar – Negara India memang terkenal sebagai negara dengan populasi terbesar kedua di dunia. Hal ini sejalan dengan bertambahnya jumlah kendaraan yang digunakan sehingga menyebabkan lalu lintas di negara tersebut mengalami kemacetan dan semakin hari semakin ramai. Salah satu upaya yang sudah dilakukan dari pihak Bajaj adalah dengan memproduksi kendaraan sepeda motor dengan roda empat atau sering disebut dengan quadricyle. Namun, upaya yang sudah dilakukan sejak akhir tahun 2015 itu menuai protes. Qute, Bajai Beroda Empat Dianggap Tidak Memiliki Fitur Keselamatan Standar

Kendaraan roda empat di India tersebut diberi nama dengan Qute. Sebelumnya Qute pernah dipamerkan dalam ajang Auto Expo pada tahun 2012 yang lalu. Qute sengaja dirancang dalam bentuk yang kecil sebagai alternatif pengganti taksi saat melewati jalan-jalan yang rawan kemacetan.

Jika dilihat dapur pacunya, Qute memiliki bobot hanya 450 kg dengan kecepatan maksimum 70 km/jam. Apabila dibandingkan dengan mobil terkecil di dunia, Qute memiliki bobot 37 persen lebih ringan. Qute juga dilengkapi dengan mesin bensin 216 cc silinder tunggal DTS-i yang dikawinkan dengan girboks manual empat percepatan dan mampu menghasilkan tenaga mencapai 19,6 Tk.  Dengan mesin DTSi tersebut, Qute diklaim memiliki konsumsi bahan bakar tinggi dengan rentang 30 – 35 km/liter.

Selain itu Qute juga dihadirkan dengan beberapa fitur yang mendukung keselamatan yang lebih baik bagi penumpangnya. Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah sabuk pengaman dan pintu kendaraan layaknya fitur keselamatan yang disematkan pada taksi. Tidak hanya itu saja, dari pihak pabrik sendiri telah merancang khusus bajaj beroda empat ini dengan bentuk yang kecil serta meminimalisir resiko kecelakaan karena bajaj ini didesain dengan kecepatan yang tidak  terlalu tinggi, sehingga jika terjadi kecelakan tidak mengakibatkan resiko yang fatal. Dan dari sisi ruang bagasinya, Qute juga menyisipkan bagasi untuk menyimpan barang-barang penumpang.

Sayangnya, meskipun sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan, Qute masih dianggap sebagai kendaraan roda empat dengan tingkat keamanan masih kurang. Bahkan Qute ditolak di negaranya sendiri, negara India dimana merupakan negara dari pembuatan Qute. Baca juga Keluarkan Mobil Pertama, Bajaj Langsung Banjir Protes dan Pisah dengan Kawasaki, Bajaj Rangkul KTM.

 

Top