Toyota Sienta Sempit

Toyota Sienta Tidak Nyaman Untuk 7 Penumpang – Gembar-gembor Toyota Sienta memang memanas beberapa minggu ini. Wajar, mobil yang pasarannya telah teruji di negara asalnya, Jepang, memang menawarkan berbagai fitur mewah khas Toyota dengan janji harga yang lebih bersahabat dibandingkan pesaingnya. Kendati sudah dirilis beberapa hari yang lalu, kotak besi roda empat inibaru dapat diboyong ke rumah Juli-Agustus 2016 nanti. Pasalnya, produknya memang baru dilepas ke pasaran pada bulan-bulan itu. Di satu sisi, hal ini tentu mengesalkan bagi penggemar setia Toyota yang ingin segera membawa pulang Toyota Sienta. Di sisi lain, malah bisa dijadikan kesempatan untuk pikir-pikir lagi mengenai kemantapan hati dalam memilih mobil terbaru Toyota ini.

toyota-sienta-sempit

Dilansir dari Kompas (13/4/2016), ternyata ditemukan bahwa ruang dalam Toyota Sienta terbilang sempit bagi pemilik tubuh bongsor. Hal ini tentunya bukan hanya spekulasi semata. Karena berdasarkan pembuktian lapangan dengan memanfaatkan ajang IIMS 2016 memang didapati beberapa ruang yang kurang lega bagi pemilik tubuh bongsor. Apabila dilihat sekilas, mobil dengan dimensi panjang 4.235mm, lebar 1.695mm, tinggi 1.695mm ini memang membuat beberapa pertanyaan menegnai kelegaannya menerima tubuh bongsor.

Advertisement

Walhasil, dari percobaan yang dilakukan oleh sumber tersebut, didapati bahwa bagian ruang depan kurang lega. Hal ini diakibatkan adanya perubahan posisi tuas gigi yang semula di dashboard untuk versi Jepang yang jatuh ke bawah di versi Indonesia. Selain itu, pada baris ketiga cenderung memberikan masalah berat bagi pemilik tubuh bongsor. Karena dengan kaki panjangnya, terpaksa menekuk sudut lancip karena memang ruang yang tersedia kurang memadai. Itupun harus sedikit menjinjit akibat sempitnya lapang tapak kaki.

Masih kurang puas dengan hal itu, keberadaan ISOFIX yang disimpan di headroom menjadikan tonjolan yang menganggu keleluasaan kepala penumpang baris ketiga. Solusinya? Untuk smeentara ini, hanya ada solusi dengan melakukan pengorbanan pada kursi baris kedua. Yakni dengan cara menegakkan sandaran kursi baris kedua plus memajukannya. Artinya, untuk sedikit menyamankan penumpang baris ketiga, penumpang baris kedua perlu mengurangi kenyamanannya.

Simpulannya, Toyota Sienta ini mungkin memang didesain untuk pengguna yang tidak bongsor. Sebagaimana kita tahu, fisik orang-orang ketimuran umumnya tidak begitu tinggi sebagimana negara asal Toyota Sienta ini. Tapi mungkin saja, nanti ketika kotak besi roda empat ini hadir dipasaran telah mengalami perbaikan yang lebih menyamankan penggunanya. Namun rasanya hal ini malah menjadi peluang Honda Freed untuk meringsek masuk ke pasaran Toyota Sienta. Baca juga  Peminang Toyota Sienta Perlu Re-Check Sebelum Pulang dan Perseteruan Dua Vendor Semakin Hangat, Honda vs Toyota.

Top