Dexlite, Siap Meramaikan Menu di Pertamina

Pertamina Meluncurkan Dexlite Bagi Kendaraan dengan Mesin Diesel – Rencana PT Pertamina (Persero) untuk mengeluarkan produk Bahan Bakar Minyak (BBM) baru dalam waktu dekat ini akan segera terlaksana. Dijadwalkan mulai tanggal 15 April 2016 mendatang, jenis BBM Dexlite yang diperuntukkan untuk kendaraan mesin diesel akan dipasarkan di SPBU Pertamanina di wilayah Jabodetabek dengan harga perdana Rp 6.750 per liter.

Pertamina Meluncurkan Dexlite Bagi Kendaraan dengan Mesin Diesel

Harga yang ditetapkan PT Pertamina (Persero) tersebut dianggap murah jika dibandingkan dengan Pertamina Dex yang dijual dengan harga Rp 8.600 dan sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan solar biasa yang dijual Rp 5.150. Dari segi emisi yang dimilikinya, Dexlite memilki emisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan solar biasa dan  kandungan sulfur dari Dexlite mencapai 1.000-1.2000 ppm, sementara untuk solar biasa 3.000-3.3000 ppm.

Sementara jika dibandingkan dengan Pertamina Dex, BBM varian baru Dexlite ini memiliki Cetane Number minimal 51 dan mengandung Sulfur maksimal 1200 part per million (PPM). Sedangkan untuk Pertamina Dex memiliki cetane number minim 53 dengan kandungan sulfurnya di bawah 300 part per million (PPM). Jadi jika diurutkan Dexlite berada di tengah antara Pertamina Dex dengan solar biasa yang disubsidi.

Pemasaran dari Dexlite itu sendiri akan dilakukan mulai dari 33 SPBU wilayah Jabodetabek sebagai pasar percobaan, dan untuk selanjutnya pada bulan Mei akan disusul di wilayah Jawa. Kemudian dilanjutkan pada bulan Juni untuk wilayah Sumatera Utara dan Kalimantan. Terakhir, untuk wilayah Sumatera Selatan dan Sulawesi baru akan dipasarkan sekitar bulan Agustus.

separator

Sama seperti yang telah dijelaskan oleh Wianda Pusponegoro selaku VP Corporate Communication Pertamina juga menambahkan bahwa , “Apabila animo konsumen cukup besar, akan dilakukan roll out Dexlite di seluruh SPBU di Indonesia,” ujar Wianda.

Target dari pemasaran yang ditetapkan oleh Pertamina sekitar 100.000 kiloliter (KL) dan diperuntukkan untuk konsumen yang selama ini masih menggunakan solar 48 atau solar biasa. Untk kendaraan diesel dengan teknologi common rail sangat cocok menggunakan Dexlite ini. Baca juga Pertamina Siap Luncurkan BBM Diesel Baru Bernama Solarlite dan BBM Premium Akan Dihapus Bulan Depan oleh Pertamina.

 

Top