Mengenang Sosok Skuter Pertama BMW yang Sudah Tiada!

Skuter BMW C1 Menggabungkan Fungsionalitas Roda Dua dan Aspek Keselamatan Roda Empat – Salah satu produsen kendaraan beroda dua yang bernama Bayerische Motoren Werke (BMW) Motorrad memang terkenal dengan produksi motor sport dan motor gedenya. Tetapi kali ini berbeda dari biasanya, BMW memperkenalkan motor skuter pertamanya yang merupakan kendaraan fungsional untuk digunakan di perkotaan. Skuter pertama BMW tersebut diberi nama dengan BMW C1.

Skuter BMW C1 Menggabungkan Fungsionalitas Roda Dua dan Aspek Keselamatan Roda Empat

Skuter BMW c1 ini sengaja dibuat dengan bentuk unik oleh perusahaan italia Bertone. Skuter ini disisipkan kanopi yang menutupi sebagain pengendara, sehingga bisa membantu melindungi pengguna di saat cuaca buruk seperti hujan deras, angin kencang dan panas yang berlebihan. Selain itu BMW C1 dirancang dengan menggabungkan fungsionalitas dari kendaraan roda dua dengan aspek keselamatan pada kendaraan roda empat. Dibandingkan dengan skuter-skuter pada umumnya, skuter BMW C1 ini punya kelebihan tersendiri.

Kemampuan manuver bersahabat dan penggunaan bahan bakar yang irit membuat skuter ini mempunyai daya tarik tersendiri. Dan dengan adanya atap yang diletakkan di bagian atas motor ini membuat penggunanya bisa melindungi diri dari terjadinya kecelakaan, bahkan BMW mengklaim atap tersebut sebanding dengan kemampuan yang dimiliki oleh mobil kompak Eropa. Sangat menarik bukan??

Di negara Inggris dan Swedia, pengguna skuter BMW C1 ini tidak perlu menggunakan helm lagi. Mereka dibebaskan dari kewajiban mengenakan helm karena desain yang dimiliki skuter BMW C1 ini dianggap sudah memiliki pengamanan tersendiri.

Mengenai dapur pacu dari Skuter BMW C1 ini sudah dibekali dengan mesin satu silinder berkapasitas 176 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 18 Tk dan torsi 17 Nm. Sistem transmisi pada BMW C1 juga bekerja secara otomatis dengan transfer daya ke roda menggunakan belt.

Meskipun kelebihan yang dihadirkan dalam skuter BMW C1 ini sangat banyak, tetapi minat terhadap BMW C1 masih kecil. Hal ini terbukti dari penjualannya yang tidak mencapai target dan hanya dipasarkan dalam waktu yang singkat saja. Karena hampir 2 tahun lamanya, BMW Motorrad sudah menghentikan peluncuran skuter BMW C1 nya. Baca juga Digempur Segmen Sport, Skuter Matik Tetap Favorit Konsumen dan GenZe 2.0, Skuter Listrik Terbaru dengan Baterai Portable.

 

Top