Pasca Meluncur, Sienta Masih Jalani Tes

Aneh, Sienta Masih Jalani Tes – IIMS 2016 merupakan ajang bergengsi otomotif tanah air yang wajib diikuti oleh seluruh vendor yang serius menggarap pasar di Indonesia. Tentunya, hal tersebut tidak mungkin dilewatkan begitu saja oleh vendor terkenal asal negeri Sakura, Toyota. Walaupun dibilang sedikit mengecewakan karena tidak memberikan penglihatan banyak tentang teknologi masa depan yang akan diusungnya, namun setidaknya Toyota punya pembenaran sendiri. Karena berbagai alasan, Toyota lebih memilih megajukan jagoan barunya Toyota Sienta ketimbang berpamer ria teknologi yang entah kapan bisa dijual.

pasca-meluncur-sienta-masih-dites

Usul punya usul, Toyota Sienta bisa dibilang wanna be flagship dari Toyota. Harapannya, MPV terbaru ini tentunya tidak akan kalah saing dengan MPV lain besutan Toyota katakanlah Avanza. Sebagai calon flagship, tentunya Toyota perlu jor-joran untuk memamerkan Sienta. Terbukti, varian terbaru Toyota ini menuai banyak pemberitaan di berbagai media. Tentunya sebagaimana produk masal yang lain, ada saja kekurangan yang dimilikinya. Alhasil, Toyota Sienta sendiri masih dalam ranah abu-abu walaupun Toyota sendiri mengaku optimis mampu menguasai pasar dengan Toyota Sienta.

Padahal, keraguan munculnya Toyota Sienta ini bagi pecinta otomotif terkait penguasaan pasar cukup beralasan. Pasalnya, menurut keterangan Toyota, sekalipun sudah dapat dilihat dan dipesan semenjak acara IIMS 2016 kemarin, Sienta ini baru bisa dirasakan bulan Juli mendatang oleh konsumen. Tentunya hal ini menjadi gap yang dibuat oleh Sienta sendiri untuk dapat ditikung oleh pesaingnya. Parahnya lagi, tikungan paling ganas muncul dari pesaing lama yang sudah muncul dari dulu Honda Freed. Bak jatuh tertimpa tangga, perilaku konsumen malah menjadi anomali yang menarik karena Honda Freed bekas disinyalir malah meningkat penjualannya setelah Sienta ini dirilis.

Seakan menjadi pembenaran stigma tersebut, Toyota Sienta diketahui ‘ngumpet’ dijalanan sebagaimana dilansir dari Kompas (18/4/2016). Sebagai mobil yang limited edition lantaran belum sampai ke tangan konsumen dan dengan proporsi ‘ngumpet’nya, layaknya sangat perlu dicurigai bahwa kendaraan tersebut berada di bawah kendali Toyota. Menurut Kepala Divisi Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy, mungkin saja Toyota Sienta masih memerlukan tes lagi sebelum sampai ke tangan konsumen.

Sebagaimana diketahui, Toyota Sienta sebenarnya juga belum diproduksi. Masih sangat mungkin tes yang dilakukan tersebut untuk memberikan spesifikasi yang maksimal bagi para konsumennya kelak. Pertanyaan yang menarik, bagaimana nasib pembeli yang sudah kadung memesan di pagelaran IIMS 2016 yang katakanlah tidak menyukai hasil perombakannya kelak. Satu hal yang jelas, hingga berita ini diturunkan web resmi Toyota Indonesia masih belum memberikan datasheet spesifikasi MPV ini. Baca juga Fitur Dive-In Seat Buat Sienta Makan Sepeda dan Banding-bandingkan Sienta dengan Freed, Toyota Berkomentar.

Top