Kia Raih Penghargaan Keselamatan

Kia, Kegagalan Adalah Awal Kesuksesan – Varian terbaru Kia, Sportage dikabarkan dapat bernapas lega. Pasalnya, tahun kemarin Kia Sportage tidak lulus ujian nasional. Tentunya, sebagai mobil, ujian nasional yang dimaksud adalah uji keselamatan penumpang berdasarkan penilaian kemampuan mobil menghadapi benturan dalam kecelakaan. Varian terbaru Kia tersebut, dulu disinyalir tidak mampu menghadapi small overlap test. Test ini merupakan tes tubruk yang melibatkan 15-20% bagian mobil yang sedang diuji.

kia-raih-penghargaan-keselamatan

Di tahun ini, Kia mengusung nama Kia 2017 Sportage untuk melakukan ujian kejar paket s alias paket keselamatan. Berbekal pengalaman pahit masa lalu, Kia pantang menyerah menghadapi rintangan. Setelah mengalami gagal terdahulu, bisa dibilang Sportage dimasukkan kembali ke dalam kamar oleh Kia. Walaupun tak bisa dibilang dirombak secara total, yang jelas 2017 Sportage ini merupakan hasil desain ulang dari produk gagal Sportage tahun sebelumnya.

Advertisement

Seperti kata pepatah, kerja keras selalu membuahkan hasil. Dilansir dari motortrend.com (18/4/2016), Kia 2017 Sportage membuahkan hasil yang cemerlang. Bukan hanya lulus pada ujian keselamatan nasional, kotak besi beroda empat terbaru tersebut malah diberikan penghargaan karena tingkat keselamatannya yang terbilang ekstrim. Detilnya, keseluruhan tes seperti moderate overlap front crash, side impact, roof strength, dan head restraint test mendapatkan hasil yang baik. Bahkan untuk kedua jenjang kecepatan yakni 12 mil per jam dan 25 mil per jam.

Bagaimana untuk titik kegagalan kemarin? Tahun lalau, Kia Sportage mengalami kerusakan parah. Pedal rem tangan mengalami pergeseran sebanyak 16 inci. Tentunya dapat dibayangkan impact yang dialami dengan hasil pengujian yang demikian. Bagusnya, pada tahun ini Kia 2017 Sportage hanya mengalami pergeseran sebanyak 6 inci pada pedal rem yang sama. Bahkan untuk beberapa bagian, hanya terjadi pergeseran sebanyak 3 inci saja. Tentunya hal ini menguatkan bahwa Kia 2017 Sportage telah mengalami pembenahan yang signifikan.

Dengan mengusung konsep SUV, memang sudah sepatutnya KIA 2017 Sportage memiliki penilaian yang lebih ketat daripada mobil-mobil kecil pada umunya. Tentunya hal tersebut selain dikarenakan medan yang lebih galak, kecepatan standar yang diusung SUV umunya lebih kencang daripada mobil-mobil kecil seperti MPV atau sedan. Walaupun tidak semuanya seperti itu.

Berita baiknya, Kia 2017 Sportage ini tidak sendirian mendapatkan Award. Tercatat nama 2016 Fiat 500X, 2016 Honda CR-V, 2016 Hyundai Tucson, 2016 Mazda CX-5, 2016 Mitsubishi Outlander, 2016 Subaru Forester, dan 2016 Toyota Rav4 turut bersama-sama mendulang rangking tertinggi di bidang pengujian keselamatan ini. Tentunya, pengujian keselamatan ini tidak lain untuk melindungi konsumen dari bahaya nyata yakni kecelakaan. Baca juga Fitur Pesawat di Dalam Mobil dan Honda, Bukan Hanya Pengguna Mobil yang Butuh Keselamatan.

Top