Porsche Macan Versi Tiongkok Murah Meriah

Porsche Macan Ditiru, Harga Dibanting – Beberapa waktu yang lalu sempat geger pemberitaan mengenai pencatutan DNA salah satu vcarian mobil asal Eropa, Porsche Macan. Walaupun namanya sebenarnya memang familiar di telinga orang Indonesia, mobil ini memang bernama asli Porsche Macan dan memang sudah seperti itu dari sananya. Sebagai mobil mewah, tentunya pasar otomotif mengidamkannya. Hanya saja, sebagian besar pecinta otomotif terpaksa mengurungkan impiannya, lantaran mobil mewah selalu memiliki harga yang mewah. Apa daya, tidak semua kantong pecinta otomotif dunia punya kemewahan pula.

porsche-macan-versi-tiongkok-murah-meriah

Adanya potensi tersebut yang sepertinya menjadi legitimasi visi dan misi salah satu produsen asal Tiongkok. Pasalnya, mereka sepertinya memang berangan-angan untuk mampu memberikan pilihan mobil mewah dengan harga murah khas produk Tiongkok. Sebagaimana telah diberitakan, mobil Porsche Macan tersebut dicatut DNA-nya untuk menciptakan varian Zotye SR8. Apabila dilihat secara sumir, nyaris tanpa perbedaan. Tentunya hal ini sangat menyenangkan bagi pemilik dompet cekak.

Untuk masalah harga, Porsche perlu cemas. Pasalnya, Porsche Macan punya harga lebih dari 1 Milyar Rupiah. Sedangkan pesaing satu DNA-nya hanya sepertiganya saja, demikian dilansir dari Otosia.com (19/4/2016). Tepatnya, harga Zotye SR8 tersebut hanya sekitar 359 juta Rupiah saja. Tentunya hal ini sangat mengejutkan baik bagi konsumen otomotif, maupun bagi Porsche sendiri. Sebagaimana hukum ekonomi, keberadaan barang substitusi yang lebih murah akan menggerakkan konsumen untuk beralih produk ke barang substitusi.

Untuk masalah kualitas, hingga berita ini diturunkan masih belum dapat ditentukan. Satu hal yang jelas, pabrikan Tiongkok sudah belajar bahwa produk murah yang cepat rusak, lama kelamaan juga akan ditinggalkan pembeli. Untuk itu, perlu perhitungan estimasi waktu pakai yang standar untuk suatu produk. Agar umurnya sesuai dengan masa pakai produk. Hal ini tentunya sudah diterapkan pada berbagai produk masal dari Tiongkok yang lain di luar urusan otomotif.

Masalahnya, hingga saat ini Porsche belum dikabarkan melakukan suatu tindakan apapun. Pasalnya, untuk tindakan hukum, vendor sebelah dengan variannya Range Rover pernah melakukannya. Sayangnya, kendati mengaku punya produk yang diculik oleh salah satu produsen Tiongkok, Rover dikabarkan gagal total dalam mempertahankan argumen hukumnya. Sangat mungkin, Porsche memilih diam alntaran takut menemui kegagalan yang sama. Mungkin saja, diam-nya Porsche untuk menyiapkan amunisi yang lebih matang atau menunggu respon pasar terhadap Porsche catutan tersebut. Baca juga Porsche Rasa Tiongkok dan VW dan Porsche Mengalami Masalah Pada Pedal.

Top