“TVS Akula”, Motor Sport Hasil Kerjasama BMW dan TVS

BMW Bekerjasama dengan TVS Untuk Membuat Motor Sport Tangguh – Produsen motor asal Jerman BMW Motorroad memang terkenal sebagai salah satu produsen besar. Beberapa waktu yang lalu, BMW pernah berjanji akan bekerja sama dengan TVS untuk membuat motor dengan menyajikan kemewahan dan ketangguhan dalam berkendara. Dan terbukti, dalam ajang Auto Expo 2016 yang digelar di Greater Noida, India ditunjukkan sebuh konsep motor sport ber-fairing dengan nama TVS Akula.

BMW Bekerjasama dengan TVS Untuk Membuat Motor Sport Tangguh

Konsep dari TVS Akula ini dihadirkan dengan bodi yang terbuat dari katon fiber, dan sekilas tambak agresif jika digunakan dalam trek. Motor sport ini dibekali dengan warna hitam yang menambah kesan elegan. Secara keseluruhan desain yang dimunculkan dalam TVS Akula ini terbangun dari masukan beberapa pebalap dengan tujuan agar motor ini bisa menjadi motor tangguh saat berapa di lintasan.

Untuk dapur pacu dari motor TVS Akula, motor ini dibekali dengan mesin yang sama naked bike BMW G310R. Dimana dikonfigurasi dengan 1 silinder dan girboksnya 6 percepatan yang mampu menghasilkan tenaga hingga mencapai 33,8 tk @9.500 rpm serta torsi puncak 28 Nm @7.500 rpm.

TVS Akula dibuat di atas kerangka yang kokoh dan dipadukan dengan rangka penopang (sub-frame) yang dibuat dari alumunium. Di bagian lengan ayun yang terbuat dari bahan alloy yang dipress guna membantu motor tersebut agar selalu bisa dikendalikan dengan mudah. Selain itu, motor TVS Akula ini dilengkapi dengan suspensi depan yang menggunakan tipe upside down dengan roda yang dilengkapi kapiler rem berukuran cukup besar.

Pada bagian sistem pendinginnya juga didukung dengan adanya sirip-sirip di fairingnya yang berkaitan dengan penamaan Akula. Jika diartikan Akula dalam bahasa Russi mempunyai makna hiu. Tidak hanya itu saja, TVS Akula ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur menarik lainnya diantaranya adalah adanya panel indikator full digital,  kamera on board dengan giroskop, serta steering damper. Untuk lampu yang akan digunakan dalam TVS Akula ini belum jelas akan menggunakan lampu seperti apa karena pada dasarnya konsep dari motor tersebut masih berupa motor balap. Baca juga Ducati Panigale R Diperkenalkan di IIMS 2016 Dengan Harga Fantastik dan MV Agusta Luncurkan Sportbike Berbusana Hello Kitty.

Top