Review Cover Motor : Mencari yang Paling Bagus dan Pengalaman Harian Menggunakan Cover Motor

Cover Motor yang Bagus – Ada rencana membeli cover atau sarung motor? Kalau begitu Agan perlu membaca review ini karena disini saya akan berbagai pengalaman saya dalam mencari cover motor yang bagus untuk digunakan motor tercinta saya big-smile-emoticon-for-facebook

Seperti agan sudah ketahui, akumulasi panas, hujan dan debu, dalam waktu beberapa bulan saja, bisa berdampak pada kerusakan body, onderdil, dan bahkan mesin motor.

Di negara tropis kayak Indonesia, sarung atau cover motor yang bagus, sangat diperlukan. Sayangnya belum ada yang ngasih review secara lengkap tentang cover motor terbaik yang paling recommended untuk digunakan. Nah.. saya mencoba melakukannya untuk pembaca Semisena. Semoga bisa jadi pencerahan untuk agan yang lagi mau beli cover atau sarung motor.

cover motor yang bagus

Mencari Cover Motor yang Paling Bagus

Dari hasil browsing, ternyata ada banyak merk cover motor yang beredar. Diantaranya yang saya lihat cukup bagus adalah Krisbow, Koraibi, Cover Super, Fun Cover dan Urban.

Setelah browsing cukup lama, saya mencoret satu kandidat: Krisbow. Untuk Krisbow, buat saya harganya kemahalan. Hehe. 700 ribu gan. Dan satu concern lagi, bentuknya agak aneh. Itu pendapat pribadi saya yaa…

Setelah browsing, supaya lebih yakin dan mantap, pergilah saya ke toko aksesoris motor di Kebon Jeruk III Jakarta. Saya masuk ke toko Avatar Motor,  dan lihat-lihat untuk mencari cover yang bagus disana.
cover motor terbarik

Bingung…!

cover motor paling bagus

Sebagaimana buatan manusia, tidak ada produk yang 100% sempurna. Masing-masing cover motor punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jujur, saya sempat bingung juga dalam memilih cover yang bagus untuk dijadikan sebagai sarung motor saya.

Akhirnya, saya putuskan untuk kembali ke kriteria:

  1. Saya mau yang awet dan tidak gampang sobek
  2. Bisa melindungi dengan baik (tahan air dan tahan panas)
  3. Ukurannya pas, melindungi sampai bawah (gak kekecilan/kegedean)
  4. Gampang dibawa
  5. Harganya masuk (maksimal 150 rb)
  6. Penampilan harus bagus juga, biar motor makin ganteng (Gak esensial, tapi saya pengen aja)

Kesimpulannya pertama, setelah dicoba, belum ada sarung motor yang 100% tahan air. Semua masih rembes kalo hujan deres. Koraibi, Cover Super, Fun Cover, dan RUV semuanya rembes. Wah, Alhamdulillah saya cek langsung barangnya. Jadi, kalau ada yang bilang 100% anti air, jangan percaya, karena.. well, saya sudah membuktikan. Semua masih rembes.

separator

Kesimpulan kedua, Ada satu merk yang 100% anti air: Urban Cover. Karena terbuat dari PVC, produk ini 100% anti air. Mantap. Sayangnya, PVC ini punya kelemahan yang (dari kriteria saya) cukup penting. Pertama, PVC gampang robek kalau kena sudut tajam (plat nomor, pedal rem / pedal gigi). Kita tekan sedikit aja pakai jari, langsung ketas (sobek). Kedua, PVC akan meleleh kalau terkena knalpot / mesin (agan pasti tahu soal ini). Ketiga, ukurannya terlalu besar dan berat. Keempat, PVC bikin pengap dan jamuran. Karena kekuatan lebih penting bagi saya (lihat kriteria) dibanding anti air, saya pun mencoret Urban.

cover motor yang bagus di indonesia

Mulai Dapet Pencarahan untuk Mendapatkan Cover Motor Terbaik

Kalau semua kriteria diikutin, semua gak ada yang masuk gan. Haha. Akhirnya, saya coba berpikir lagi soal rembes. Bisakah saya menerimanya?

Setelah saya berpikir, ternyata yang paling penting itu gak kena matahari langsung dan debu. Soal air yang rembes, toh kotoran nya sudah ketahan di cover. Yang rembes tinggal air bersih nya aja. Jadi tetap motor tidak akan rusak.. Oke oke.. saya bisa terima.

Oke.. sekarang tinggal Koraibi vs Cover Super vs Fun Cover diantara cover motor terbaik versi saya.

Memilih dari Tiga Terbaik

Koraibi adalah cover motor yang bagus dengan bahan nya tebal. Sarung motornya menutup sampai bawah. Wah, sesuai kriteria saya nih. Yang agak ganjel dikit.. adalah coating yang terasa kasar dan agak luntur putih-putihnya. Karet bagian bawah agak kendor, dan pas dipake ke motor bentuknya entah kenapa saya kurang seneng. Kayak terlalu kaku.

cover motor terbaik di indonesia

Selanjutnya Cover Super. Cover ini juga cukup bagus, sehingga saya jujur, sewaktu pertama megang bahannya, saya udah naksir duluan sama yang ini. Tebal tapi gak kaku. Gak kasar untuk body motor. Kata yang jual, bahan nya paling kuat. Akhirnya kita coba lah itu.. digesekin ke ujung plat nomor yang tajem. Wah.. asli gan. Bahannya gak robek kena plat nomer. Dan yang saya kaget, Cover Super ini bisa disetrika. Wahaha.. agak lebay sih. Tapi oke lah..

cover super indonesia cover motor terbaik

Untuk fun cover, seandainya agan dateng ke Toko dan membandingkan langsung barangnya, pasti langsung melihat yang saya rasakan.  Bahannya mirip Cover Super, tetapi lebih kasar dan kaku. Selain itu, dari segi desain saya.. hmm.. kurang sreg. Hehe.

cover motor yang bagus di indonesia

Pemenang Cover Super Paling Bagus (Versi saya) Adalah..

Setelah mencoba dan sempat nelfon dua teman yang ngerti motor, dia lebih rekomendasi ke Cover Super.

Selain karena bahan, alasan saya pilih cover super adalah jahitan nya paling rapi. Denger-denger sih pabrik yang bikin Cover Super ini memang biasa ekspor cover kendaraan ke Swedia. Owalah.. ya wajar sih, berasa beda. Yang mungkin sedikit jadi perhatian, harganya Rp 120.000 lebih mahal dari yang lain (Yang lain kisaran 100.000).

Saya pikir, yah gapapa lah, ada rupa, ada harga. Beda sedikit tapi saya sudah buktiin bahannya paling bagus dan awet.

Pengalaman Menggunakan Cover Motor Secara Harian

Alhamdulillah, setelah seminggu memakai Cover Super, sejauh ini saya puas. Belum sobek (baru seminggu juga kali ya) dan perlindungan nya bagus. Karena karet bawahnya kenceng, jadi debu gak ada yang masuk biarpun parkiran lagi banyak angin. Hehe.

Dua hari lalu, daerah kantor ane sempet hujan kecil. Pas ane cek, ternyata rembes hampir gak ada. Nah, besoknya baru tuh hujan agak deres. Hehe, kali ini memang ada rembesan. Untungnya, prediksi ane bener. Air yang masuk udah bersih karena kotoran udah tertahan di luar cover. Yang seru adalah.. cover ini ternyata breathable. Jadi saya diamkan sebentar sudah kering.

Jadi kesimpulan saya setelah menggunakan si Cover Super ini selama seminggu adalah.. oke dan memuaskan. Bahkan  melebihi  ekspektasi  saya.

cover motor yang bagus untuk dibeli

Kesimpulannya!

Review cover super yang bagus ini adalah pendapat dan pengalaman pribadi saya. Tiap cover punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pendapat agan mungkin saja beda, dan itu sah. Tapi menurut saya sih gak bakal jauh beda lah. Kita sama-sama bikers punya insting yang sama, barang mana yang baik untuk pacar (motor) kesayangan facebook-smiley-face-for-comments

Top