Skuter Matik Baru Dari Suzuki

New Suzuki Access 125, Beda – Varian skuter matik di dunia otomotif roda dua memang bisa dibilang sudah mampu menyaingi pasaran tipe bebek. Walaupun tak bisa dibilang bersaing seratus persen dengan tipe bebek, sebenarnya varian skuter matik sudah memiliki pasarnya sendiri utamnya bagi pecinta transmisi otomatis untuk kendaraan roda dua. Karena kalau ditilik-tilik lagi, perkawinan skuter dan bebek pernah dilakukan Honda degan Revo AT-nya. Hasilnya? Bisa dibilang varian dua dunia tersebut jarang dilirik orang. Selain terlihat aneh, malah membuat kesan setengah hati pengendaranya.

skuter-matik-baru-dari-suzuki

Belajar dari kesalahn tersebut, pabrikan otomotif dunia akhirnya elbih fokus mengembangkan varian bebek dan skuter matik untuk pasar yang jelas berbeda. Tentunya, sebagai model yang elbih muda, skuter matik punya banyak bahan untuk diuji coba ke pasaran. Sehingga setiap racikan cenderung berusaha memberikan penyegaran model daripada model sebelumnya. Berbeda dari saudara lamanya yang paling-paling hanya urusan striping dan sedikit bentuk bodi saja.

Advertisement

Suzuki selama ini terlihat bungkam di depan pabrikan lain katakanlah Honda atau Yamaha. Namun diam-diam, ternyata Suzuki sedang mengeluarkan tipe terbarunya dalam kelas skuter matik di India. Skuter matik itu bernama New Suzuki Access 125. Dilansir dari Kompas (20/4/2016), varian terbaru tersebut diharapkan akan menjadi andalan Suzuki untuk menguasai pasaran skuter matik yang saat ini sedang diluncurkan di India.

Apabila dibahas masalah bentuk, skuter matik ini mirip dengan Yamaha Filano meskipun tidak seratus persen. Hal yang menarik, bagian depan skuter ini malah seperti menantang angin dengan konsep nyaris tegak lurus terhadap sumbu horisontal. Desain ini seakan-akan meninggalkan pakem kendaraan di bumi yang mengutamakan aerodinamika. Tentunya akan menjadi pembahasan menarik tersendiri penggunakan skuter ini dalam kecepatan tinggi yang tentunya akan sangat dipengaruhi oleh angin.

Untuk masalah mesinnya, seperti skuter matik kebanyakan, menggunakan volume mesin 125 cc berteknologi SEP SOHC 2-katup. Menurut riset yang telah dilakukan Suzuki, mesin tersebut mampu menendang dengan kekuatan 8,7 PS (8,53 tk) @7.000 rpm. Sedangkan untuk torsinya berada pada angka 10,2 Nm @5.000 rpm. Bisa dibilang kekuatan ini secara sederhana mampu melesatkan Suzuki Access ini, dikurangi dengan perhitungan gesekan terhadap angin. Terlepas dari hal itu, Suzuki Access ini ceritanya dijual dengan harga 11.9 juta rupiah alias 59.123 rupee di India sana. Bisa saja, setelah India, Suzuki akan menjadikan Indonesia sebagai target pasar selanjutnya. Baca juga BMW Bekerjasama dengan TVS Untuk Membuat Motor Sport Tangguh dan Toyota Ciptakan Produk Baru Tandingan G 63 6X6.

Top