VW Main Curang Masalah Emisi

VW Curang Pakai Alat Mengurangi Hasil Emisi – Kesadaran manusia akan lingkungan setiap harinya semakin gencar dikampanyekan. Tentunya, hal tersebut tidak lepas dari keadaan lingkungan yang semakin porak-poranda. Walaupun bisa dibilang kehancuran lingkungan saat ini merupakan dampak negatif dari teknologi yang dibuat oleh manusia, namun bukan berarti manusia dapat menjadikannya sebagai alasan pembenar untuk tidak mencintai lingkungan. Bisa dibilang, petunjuk kehancuran lingkungan sudah dimulai semenjak revolusi industri beberapa abad silam. Terang saja, revolusi tersebut dikabarkan mampu membuat punah salah satu spesies kupu-kupu yang ada.

vw-main-curang-masalah-emisi

Menyadari bahwa manusia akan tetap tinggal di bumi seberapapun rusaknya, orang-orang berkuasa mulai berusaha melindungi bumi dari kerusakan yang diakibatkan oleh manusia. Setidaknya kalaupun tidak memperbaiki, mampu memperlambat kerusakannya. Salah satu tonggak terpenting dalam metode memperlambat kerusakan lingkungan adalah dengan memberikan standar uji emisi pada setiap kendaraan yang akan turun ke jalanan. Uji emisi ini bertujuan agar kendaraan terkait tidak menjadi penyebab kerusakan lingkungan. Masalahnya, untuk menghasilkan mesin yang bagus dengan emisi yang rendah selain membutuhkan biaya produksi yang mahal juga membutuhkan biaya riset yang tak kalah mahal pula.

Mungkin itu yang dipikirkan VW alias VolksWagen. Dilansir dari autonews.com (20/4/2016), VolksWagen tengah bermasalah dengan varian mobilnya yang menggunakan mesin diesel. Pasalnya, mobil yang diproduksinya tersebut secara umum tidak sesuai dengan standar ketat negara maju seperti di Amerika Serikat. Entah apa yang mengilhaminya, mereka kemudian menggunakan sebuah alat yang bisa disebut sebagai ‘defeat device’.

Fungsi alat tersebut utamanya agar perhitungan yang dilakukan oleh alat uji emisi gagal memberikan hasil pengujian yang  sesuai realita. Sontak saja, selain menggemparkan pengguna VW, hal tersebut juga memengaruhi pihak terafiliasi VW seperti Audi dan Porsche. Pasalnya, semua pihak tersebut disinyalir menggunakan fitur yang sama untuk ‘menipu’ alat uji emisi. Hal ini berarti, berdasarkan standar Amerika, varian VW yang menggunakan mesin turbocharged direct injection (TDI) diesel disinyalir tidak menghasilkan gas  buang dalam tataran baik.

separator

Sumber yang sama menyebutkan, tak kurang dari 11 juta unit mobil yang mengusung teknologi yang sama di bawah naungan VW menggunakan trik serupa untuk mengakali hasil uji emisi. Alat tersebut sebenarnya sudah dibuat oleh pihak Audi pada tahun 1999. Namun karena VW baru tertolak saat uji emisi tahun 2005, maka dimulailah penggunaan defeat device ini. Baca juga Suzuki-Volkswagen Telah Capai Kesepakatan dengan Ganti Rugi dan VW dan Porsche Mengalami Masalah Pada Pedal.

Top