Ini Dia Tips Agar Motor Tetap Berperforma Bandel

Rahasia Performa Motor Agar Tetap Bandel – Sudah kita ketahui bersama bahwa sepeda motor merupakan salah satu kendaraan yang menjadi transportasi utama para komuter di Indonesia. Oleh karena itu, performa sepeda motor secara tak langsung dituntut untuk terus selalu prima pasalnya akan selalu digunakan oleh penggunanya.

rahasia-performa-motor-agar-tetap-bandel

Dikutip dari Liputan6.com bahwa belum lama ini Supardiono selaku Kepala Bengkel AHASS 0001 Astra Motor Jakarta mengungkapkan bahwa motor motor harian tidak akan mudah rusaak jika dilakukan perawatan rutin, penggantian oli mesin berkala, filter udara, dan filter oli yang selalu diperhatikan. Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa oli merupakan elemen yang sangat penting guna menjaga performa mesin agar tetap fit dan bandel. Supardiono juga menyarankan kepada para penggguna agar periode penggantian oli dlakukan lebih cepat.

“Untuk oli, semua motor itu harus rutin tiap 4 ribu kilometer. Kalo Jakarta saya sarankan 3 ribu kilometer karena mesin berputar terus,” tuturnya.

Advertisement

Tak hanya itu saja, Supardiono juga menambahkan bahwa kontribusi busi juga menjaadi salah satu komponen selanjutanya yang sangat perlu untuk diperhatikan. Dalam hal ini, menurutnya kinerja busi sangat ditentukan oleh ketebalan elektroda. Sebab, elektroda yang tipis sangat berpengaruh pada pengapiannya. “Busi 8 ribu kilometer ganti. Kalau iridium bisa di atasnya, 10 ribuan umur optimal. Elektroda sudah tipis berpengaruh pada api,” tambah Supardiono.

Kemudian, komponen yang terkahir yang cukup perlu diperhatikan yaitu menjaga filter udara. Menurut Supardiono, tiap 16 ribu km harus ganti. Akan tetapi, jika fisik masih bagus dan bersih tak perlu untuk diganti. Menurutnya, penggantian filter udara diperlukan untuk mendukung kinerja penyaringan agar lebih ptimal. Sebab, debu-debu halus yang tak diketahui pemiliknya terkadang masuk dalam filter tersebut dan bisa menghambat performa ilter udara.

Dengan mengetahui hal tersebut, pastinya akan memberikan pengetahuan kepada para pengguna sepeda motor untuk merawat dan menjaga kendaraannya tersebut dengan cara yang benar. Sebab, perawatan yang dilaukan dengan cara yang benar akan memberikan performa motor yang tetap tangguh dan bandel walaupun motor sudah berumur tua. Baca juga Dampak Negatif Motor Skutik Jika Diberi Beban Berlebihan dan Pemeriksaan motor saat musim hujan perlu dilakukan.

Top