Honda Rajai Segmen SUV di Indonesia

Honda Kuasai Segmen SUV di Indonesia dengan Penjualan Terbanyak – Memasuki tahun 2016, menjadi momen dimana peminat dari kendaraan jenis Low Sport Utility Vehicle (LSUV) di Indonesia semakin meningkat. Meski prosentasenya masih belum mampu menyaingi kepopuleran Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) namun para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yakin, bahwa LSUV akan segera menjadi segmen paling diminati di pasar Tanah Air.

honda-kuasai-segmen-suv-di-indonesia-dengan-penjualan-terbanyak

Jika melihat data penjualan dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memang prediksi tersebut semakin terlihat menunjukkan bukti nyata. Pasalnya, dalam periode tiga bulan pertama tahun 2016 Januari-Maret 2016 penjualan LSUV di Indonesia mengalami peningkatan yang lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu.

Advertisement

Dalam pencapaian angka penjualannya, segmen LSUV di Indonesia tak tanggung-tanggung mengalami kenaikan sebesar 66 persen dalam jumlahnya mendapat tambahan yang terjual sebanyak 13.130 unit. Jika dibandingkan, tahun lalu untuk periode yang sama Januari-Maret 2015, total penjualan adalah 19.890 unit, kemudian totoal untuk tahun ini adalah 33.020 unit.

Untuk segmen ini, dari data yang diperoleh tertulis bahwa Honda merupakan merek dengan jumlah penjualan terbanyak. Melalui dua produk andalannya yaitu HR-V dan BR-V, untuk LSUV ini Honda berhasil merajai pejualan dengan kontribusi prosentasi tertinggi. Untuk Honda BR-V telah berhasil terjual sebanyak 13.150 unit, pada 3 bulan pertama sedangkan untuk untuk HR-V mengikuti dengan jumlah terjual sebanyak 10.364 unit.

Berkat pencapaian tersebut, Honda bisa dikatakan telah menguasai sekitar 70 persen pasar LSUV di Tanah Air. Posisi berikutnya diikuti olehToyota Rush yang terjual sebanyak 5.835 dan hanya berhasil mengambil jatah porsi 18 persen. Sementara Daihatsu Terios berada di urutan berikutnya dan memperoleh bagian 10 persen, dengan jumlah penjualan sebanyak 3.212 unit.

Jika dilihat dari data penjualan tiap bulan untuk 3 bulan pertama, Honda BR-V untuk bulan Januari terjual sebanyak 2.581 unit, Februari 5.435 unit, dan Maret 5.134 unit, totalnya 13.150 unit. Sementara untuk HR-V di bulan pertama Januari terjual sebanyak 2.797 unit, Februari 3.323 unit dan Maret 4.144 unit totalnya menjadi 10.364 unit.

Melihat perkembangan dari peminat LSUV, kemungkinan besar angka penjualan ini akan terus meningkat setiap bulannya dan tahun 2016 ini akan menjadi masa kejayaan bagi segmen LSUV khususnnya Honda yang saat ini merajai penjualan. Baca juga Honda WR-V Bakal Hadir Dengan Gaya Desain Baru dan 4 Hari di IIMS, Honda Berhasil Catat Penjualan 1.000 Unit

Top