Tunggu Kehadiran Suzuki Baleno di Indonesia

Dengan Perubahan Signifikan, Baleno Siap Meluncur di Indonesia – Baru-baru ini dikabarkan bahwa Suzuki Baleno mengalami beberapa perubahan yang cukup signifikan. Tak hanya menggunakan platform baru saja namun juga menaggalkan bentuk sedan. Walaupun ukurannya terlihat lebih besar tetapi menurut pabrikan otomotif asal Jepang tersebut, Baleno memiliki bobot yang lebih ringan. Hal ini disebabkan karena penggunaan platform baru yang leebih ringan. Akan tetapi, terleepas dari hal tersebut, ada beberapa hala yang menjadikan mobil besutan Suzuki ini lebih menarik namun juga membingungkan.

dengan-perubahan-signifikan-baleno-siap-meluncur-di-indonesia

Menariknya dikarenakan pihak Suzuki melakukan sebuah gebrakan baru dan berani dengan mengalihkan Baleno dari bentuk sedan menjadi hatchback. Bentuk gaya desainnya tampil lebih rapi dan terlihat lebih elegan. Tak ketinggalan juga pada sektor interiornya pun lebih luas sebab memiliki ukuran wheelbase 2.520 mm.

Di sisi lain, dibalik dari kap mesinnya, dibenamkan jantung mekanis yang diyakini memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Baleno terbaru ini mengandalkan 2 pilihan mesin, antara lain mesin 1,2 liter bertenaga 83 hp dan mesin diesel berkapasitas 1,3 liter yang menghasilkan tenaga 74 hp dengan torsi maksimum 190 Nm. Tetapi, yang paling menarik yaitu dengan disematkannya mesin berimbuhan turbocharger dengan 3 silinder yang memiliki kapaaista 1,0 liter berteknologi Booster Jet. Perlu diketahui bahwa mesin ini dikembangkan oleh Suzuki dan Fiat yang menjadi otot mekanis standar untuk Baleno yang dipasarkan di darata Eropa.

Di India, Baleno sendiri berada pada posisi sebaga salah satu produk premium Maruti Suzuki dan berada di aats Suzuki Swift yang jga sama-sama bemodel hatcback. Fiturnya pun juga berbeda. Pada Baleno tertingi, dilengkapi dengan lampu proyektor, sistem navigasi yang saling terintegrasi dengan touch screen multimedia pada dashboardnya, Day-Time Runing Light, dan Apple CarPlay.

separator

Namun, itu di India. Berdasarkan berita yang beredar, Suzuki Indomobil segera merilis mobil ini pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2016 mendatang. Di pasar otomotif Indonesia akan berbeda dengan di India. Pasalnya, dari segi teknis akan sedikit membingungkan sebab mesin yang digunakan oleh Suzuki Swift adalah K14B yang berkapasitas 1,4 liter. Jika Baleno berada pada level premium atau di atas Swift dengan harga yang lebih mahal tetapi menggunakan mesin yang lebih kecil mungkinkah pasar otomotif Indonesia bisa menerima perbeaan yang sedikit membingunkan tersebut? Banyak yang meragukannya. Bahkan, apabila Baleno dipasarkan dengan mesin Boosterjet sekalipun. Baca juga Baleno Hatchback Resmi Meluncur di India dan Suzuki Tampilkan New Baleno Sebagai Hatchback di Ajang Frankfurt Motor Show.

Top