Skuter Honda Rajai Indonesia

Meninggalkan Yamaha, Honda Menjadi Terdepan – Menjaga jargon Yamaha untuk selalu di depan rasanya sangat sulit untuk diterapkan di Indonesia. Terang saja, raksasa motor di Indonesia, Honda, sudah kadung menjadi primadona dari lama hingga merasuk turun temurun di sanubari masyarakat di Indonesia. Bahkan, walaupu harganya sering dianggap lebih mahal daripada varian di kelasnya, sepertinya masyarakat lebih suka tutup mata apabila ditanya merk apa yang dipilih untuk motor.

skuter-honda-rajai-indonesia

Berusaha meringsek pasaran Honda dengan harapan besar, ceritanya Yamaha menjadi yang terdepan membawa pasaran skuter matik di Indonesia. Namun harapan tinggal harapan, data terbaru, kembali Honda menjadi pemimpin yang tidak tertandingi. Dilansir dari Kompas (21/4/2016), hanya selama 3 bulan di awal tahun 2016 ini saja Honda sudah berhasil ‘memaksa’ 1.090.615 pelanggan untuk membeli produk mereka. Walaupun bukan angka yang kongkrit untuk menjabarkan jumlah pelanggan lantaran angka tersebut merupakan angka penjualan motor, namun rasanya sudah dapat dibayangkan bagaimana jalanan di Indonesia ini bertambah lebih dari satu juta motor Honda.

Angka tersebut pun memberikan legitimasi pasar sebesar 72,49 persen kepada Honda. Angka yang terbilang fantastis, karena dengan persaingan merk roda dua di tanah air, tentu saja pesaingnya hanya mendapatkan angka receh. Kecuali Yamaha, yang berada pada posisi memang mampu memberikan perlawanan walaupun tak signifikan yakni 23,91 persen. Itupun disusul oleh Kawasaki yang hanya sekitar 2 persen. Hal tersebut mampu menjadi penanda bahwa dominasi Honda mutlak ke seluruh segmen otomotif roda dua di tanah air.

Detilnya, dari total unit motor Honda yang terjual tersebut sebanyak 86,20 persennya merupakan varian matik yang sedang melambaikan tangan kepada Yamaha jauh di depan. Dengan angka riil 940.126 unit, rasanya masih sulit untuk dikejar lawan-lawannya meskipun bersatu menggalang kekuatan. Untuk varian bebek, masih saja sama, angka 93.218 unit menjadi acuan tragis bagi merk lain untuk melakukan pengejaran yang tidak terlihat garis finishnya.

separator

Lebih sait lagi, Kawasaki yang digadang sebagai rajanya motor gede alias varian sport saja sangat tragis karena total penjualannya yang hanya 31.244 unit di Indonesia. Angka itu besar apabila tidak disandingkan dengan angka penjualan motor sport motor Honda. Tercatat 57.271 unit adalah perhitungan pasti dari Honda untuk menguasai pasar motor sport di Indonesia. Tentunya, data tersebut akan menjadi acuan dari masing-masing produsen ke deoan untuk menerapkan strategi bisnis yang lebih baik daripada sebelumnya. Baca juga Honda Hadirkan Motor Unik di IIMS 2016 dan  Sederet Big Bike Honda Beri Diskon Hingga Rp 35 Juta di IIMS 2016.

Top