Merawat Mobil Kuno Jangan Asal-Asalan!!

Memiliki Mobil Kuno Harus Dibarengi dengan Perawatan yang Baik – Bagi seseorang mengoleksi mobil kuno tidak hanya menjadi hobi semata, melainkan bisa juga sebagai bentuk inventasi di masa depan. Asalkan dalam urusan perawatannya dilakukan dengan benar. Meskipun hobi ini terbilang sangat mahal karena harus merogoh kantong lebih dalam, tapi tidak sedikit orang yang tertarik. Hal ini dikarenakan, di jaman modern ini keberadaan mobil kuno sulit dijumpai karena statusnya yang sudah tidak diproduksi lagi.

Memiliki Mobil Kuno Harus Dibarengi dengan Perawatan yang Baik

Banyak juga orang yang lebih memilih menggunakan mobil kuno dibandingkan dengan mobil canggih keluaran terbaru. Ada kepuasan tersendiri jika mereka bisa menggunakan bahkan memiliki mobil kuno yang beda dari pada lainnya. Namun kepuasaan trersebut tidak akan didapatkan jika tidak diimbangi dengan perawatan mobil tersebut. Terutama dari segi mesinnya, bagian mesin merupakan bagian yang paling sensitif dan harus sering diperhatikan. Mesin yang usianya hampir sama dengan umur mobilnya itu harus tetap prima dan memberikan kenyamanan terbaik ketika berkendara. Jangan sampai terjadi turun mesin, karena sikap cepat tanggap akan membuat mesin terhindar dari resiko kerusakan.

Selain itu, yang harus diperhatikan lagi adalah kabel-kabel tua yang terpasang di mobil. Jika tidak diganti secara berkala maka bisa menyebabkam konslet dan mobil tidak bisa digunakan lagi. Tak ketinggalan, pemilik juga harus sering memeriksa dan memastikan bahwa kondisi dari busing arm, stabilizer, ball joint, hingga tie rod masih normal adalah pada bagian kakinya mulai dari busing arm, stabilizer, ball joint, hingga tie rod-nya. Itulah kenapa biaya yang dibutuhkan lebih besar dibandingkan memiliki mobil keluaran terbaru.

Seperti yang disampaikan oleh R Ronny Arifudin selaku Ketua Umum Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang mengatakan,”bagi yang berminat main di mobil jadul, pertama harus persiapkan mental dan biaya. Lebih dari itu, juga harus bertekad untuk serius membangun kendaraan yang sudah tidak lagi muda. Jadi jangan sampai semuanya dilakukan dengan setengah-setengah, karena akan berujung pada kesia-siaan. Sudah keluar dana besar tapi malah tidak ada hasilnya, sayang uangnya,” ujar Ronny.

Jadi, dalam memilih dan merawat mobil kuno tidak boleh asal-asalan. Karena mobil kuno yang dirawat dengan baik akan berpengaruh terhadap nilai jualnya. Semakin baik perawatannya, maka harganya pun semakin mahal. Baca juga Mobil jadul yang Mulai Terlupakan dan Mobil jadul yang Mulai Terlupakan.

Top