Skandal Konsumsi BBM, Mitsubishi AS Ikut Dicurigai

Mitsubishi AS Ikut Diinvestigasi NHTSA – Seperti yang beberapa hari ini ramai dibicarakan, Mitsubishi Jepang terjerat kasus manipulasi konsumsi BBM. Jika diingat, kasusnya tak berbeda jauh dengan yang menjerat VW Group tahun lalu. Manipulasi data dari sektor permesinan kendaraan. Yang terjadi pada VW Group, telah memberikan dampak yang cukup besar. Bahkan perusahaan harus menanggung kerugian yang tak sedikit. Lalu bagaimana dampak atas skandal Mitsubishi ini?

mitsubishi-as-ikut-diinvestigasi-nhtsa

Rupanya, meski kasus ini menjerat Mitsubishi Jepang, namun rupanya perhatian dari lembaga keselamatan administrasi jalan raya Amerika Serikat (NHTSA) turut terpanggil. Institusi yang telah diberi predikat sebagai lembaga yang sangat ketat dalam urusan keamanan ini ikut andil, dan memeriksa produk Mitsubishi yang dipasarkan di Amerika Serikat.

Seperti informasi pada Autoblog yang dilansir melalui halaman Okezone, Sabtu (23/04/2016) tertulis bahwa NHTSA telah meminta keterangan dari Mitsubishi tentang skandal masalah konsumsi bahan bakar tersebut. Selain itu, mereka juga meminta agar melakukan pengujian pada beberapa model produk Mitsubishi yang dipasarkan di negaranya, Amerika Serikat.

Dari beberapa model yang telah diuji, sejauh ini NHTSA tidak menemukan adanya bukti penyimpangan atau ketidaksesuaian antara data dan konsumsi bahan bakar dari produk Mitsubishi yang beredar di pasar Amerika Utara. Dengan kata lain, untuk kawasan Amerika Utara bersih dari jerat skandal.

separator

Sebagai informasi, seperti yang telah dinyatakan di berbagai halaman bahwa konsumsi bahan bakar pada dua model keicar atau minicaryang diproduksi oleh Mitsubishi untuk model Nissan Motor yaitu Dayz dan Dayz Roox, serta dua model keicar yang membawa nama Mitsubishi sendiri yaitu eK Wagon dan eK Space, telah dilaporkan akan menghabiskan satu liter bahan bakar untuk jarak 30,4 kilometer. Namun,rupanya data tersebut tidak benar. Jika dibandingkan dengan data tertulis, konsumsi bahan bakar keempat model minicar tersebut meleset 5 hingga 10 persen.

Berkat skandal manipulasi data konsumsi bahan bakar, totalnya ada 625 ribu unit keicar atau minicar yang tercatat sebagai model dengan manipulasi konsumsi bahan bakar. Data tersebut adalah 468 ribu unit model untuk merek Nissan dan sisanya 157 ribu unit merek dari Mitsubishi sendiri. Seperti diketahui, semua kendaraan tersebut hanya model yang dipasakan di Jepang saja. Baca juga Menhub Jepang Minta Mitsubishi Terbuka Soal Skandal Konsumsi Bahan Bakar dan Mitsubishi Outlander Sport facelift Hadir dengan Tampilan Lebih Segar

Top