Transmisi Membingungkan, Fiat Chrysler Recall 1,1 Juta Mobil

Alami Masalah Transmisi, 1,1 Juta Mobil Ditarik Fiat Automobiles – Pabrikan mobil Fiat Automobiles baru-baru ini dikabarkan sedang melakukan penarikan mobil sekitar 1,1 juta mobil di seluruh dunia. Kebanyakan mobil yang ditarik di Amerika Serikat.

alami-masalah-transmisi-1-1-juta-mobil-ditarik-fiat-automobiles

Dilansir dari Otodetik.com dikatakan bahwa pengendara mengalami masalah dan dibuat bingung dengan sistem transimisi mobil. Masalah yang dihadapi pengendara yaitu pada transmisi di posisi P justu mobil berjalan mau sendiri. Akibatnya, dilaporkan bahwa ada 41 kecelakaan terjadi karena hal tersebut.

Di Amerika yang dikutip dari USA Today pada Senin (25/4/2016), penarikan ditujukan untuk Dodge Charger dan Chriysler 300 serta Jeep Grand Cherokee model 2014-2015. Selain di Amerika, penarikan juga dilakukan di Kanada dengan total penarikan mobil sebanyak 52.144, Meksiko 16.805 unit, 248.667 di beberapa negara lain.

Dilaporkan juga bahwa salah satu seorang pengendara di Walton, Indiana mengatakan bahwa ia meningglkan mesin Jepp Grand Cherokee model 2015 menyala ketika berhenti beberapa saat untuk mengirim DVD. “Anak saya, 23 tahun, yang sedang duduk di kursi penumpang berteriak, ‘ Ayah mobil jalan sendiri’. Saya langsung kembali ke dalam mobil dan menginjak pedal rem saya melihat indikator perpindahan gigi dan saya dengan pelan-pelan memindahkan transmisi ke P,” ungkapnya.

Di sisi lain, ternyata kebingungan tersebut tidak dialami oleh pengendara yang memarkir mobilnya tetapi juga dialami oleh seorang pengendara yang berasal dari Rochester Hills, Michigan yang mengalami tabrakan dikarenakan sistem transmisi yang membuat dia bingung. “Saya berniat untuk mundur, saya pindahkan gigi ke posisi R (Reverse), mobil tidak mundur, tapi malah menabrak mobil lain yang diparkirkan di seberang jalan,” ujarnya.

Salah seorang ahli dari Safety Research and Strategis, Sean Keanan mengungkapkan bahwa sistem transmisi yang menjadikan bebeerapa orang atau pengendara bingung terjadi disebabkan adanya kegagalan para arsitek mesin untuk mengantisipasi setiap skenario pengendara dalam memindahkan sistem transmisi. Jika di era lalu, sistem  transmisi mekanis masih mengandalkan sistem mekanis dan mudah untuk dipastikan bahwa mobil berada pada posisi gigi yang tepat. Akan tetapi, saat ini kebanyakan bahkan hampir semuanya secara elektronik yang justru berdampak pada efek kebingungan para pengendaranya.

Walaupun model mobil era modern saat ini memberikan peringatan ketika pintu pengendara terbuka ketika mobil masih menyala, hal tesebut dianggap belum cukup. Di pihak Fiat Chrysler sendiri menyatakan bahwa pihakya akan segera meningkatkan peringatan dan memodifikasi pengaturan pada transmisi sehingga kendaraan tak akan bergerak dengan sendirinya ketika sedang diparkir dal;m kondisi tetentu. Baca juga Fiat Fullback, Kembaran Mitsubishi Triton Duble Cabin dan Fiat Chrysler Recall 900 Ribu Mobil Terkait Masalah pada Airbag.

Top