China Bikin Pameran Otomotif

Kiblat Pasar Mobil Berpindah Ke China – Setelah riuh pemberitaan mobil copy-paste beberapa waktu yang lalu, berita mengejutkan malah datang dari China. Pasalnya, masyarakat China dikabarkan mulai membuka diri terhadap kedatangan vendor otomotif asing di negeri mereka tersebut. Sebelumnya stigma masyarakat China tidak begitu tertarik dengan mobil mahal ala Eropa berminculan dalam benak vendor asing di Eropa. Setidaknya, dengan hasil yang didapati dari pameran tersebut mampu memberikan jarak napas bagi produsen Eropa untuk memperjuangkan pasarnya di negara tersebut.

china-bikin-pameran-otomotif

Dilansir dari autonews.com (25/4/2016), hasil dari pameran tersebut malah akan menyebabkan perpindahan kiblat pasar mobil mewah dunia. Pasalnya, sebelumnya kiblat pasar dunia ada di Amerika Serikat sebagai negara super power. Hal tersebut nampaknya akan segera berubah di masa yang akan datang. Sebut saja Audi, BMW dan Mercedes-Benz sudah menjadi merek populer di negeri tersebut untuk kelas mobil mahal. Tak hanya itu, Cadillac, Lincoln dan Infiniti-pun mencoba peruntungan yang sama di negeri Tirai Bambu tersebut.

Advertisement

Dilansir dari laman yang sama, Namrita Chow, a London-based analyst for IHS Automotive menyatakan bahwa hal yang membuat konsumen otomotif China tertarik dengan mobil sama dnegan hal yang membuat masyarakat New York, London dan Tokyo tertarik untuk memiliki mobil mahal. Apalagi, jika semua hal tersebut digabungkan menjadi satu dalam sebuah crossover atau model SUV, tentunya pasaran otomotif China tidak akan mampu terbendung lagi dalam statistika penjualan.

Chow menjelaskan kembali bahwa paradigma masyarakat China yang skearang berbeda dengan 15 tahun yang lalu. Saat ini masayarakat China lebih memiliki jiwa muda. Selain itu masyarakat China memiliki ketertarikan dengan teknologi yang bisa dikatakan berada pada level antusias. Apalagi hal tersebut didorong dengan kebiasaan masyaraka China yang suka jalan-jalan, tentunya menjadi pembenar kenapa masyarakat China butuh mobil mewah. Itupun masih ditambah dengan kemampuan masyarakat China untuk mengikuti trend internasional yang menjadi pelengkap penyematan ramalan tersebut.

Disinyalir Infiniti, Volkswagen,  Mercedes’ V-class, Cadillac, Lexus, Acura, Honda, Volvo, dan Hyundai sudah pasang badan menyiapkan line up mobil mewah mereka untuk meringsek pasar otomotif di China. Tentunya hal ini menjadi wawasan yang menarik sehubungan dengan adanya kloningan produk Eropa macam Zotye SR8. Apabila masyarakat China mulai melirik mobil mewah barat, maka siapa target pasar dari mobil kloningan tersebut? Baca juga Mitsubishi Outlander Sport facelift Hadir dengan Tampilan Lebih Segar dan Lexus NX Konsep Kini Punya Saingan Asal China.

Top