Indonesia Dapat Sienta, China?

Toyota Bidik Pasar Baru di China – Gegernya Toyota Sienta di negeri ini memang tidak dapat dilepaskan dari sisi konsumen di Indonesia. Pasalnya, konsumen mobil di Indonesia lebih banyak dari kalangan keluarga. Sehingga konsep MPV yang menyediakan ruang lebar dengan kegaharan mesin yang standar untuk menekan harga jual menjadi primadona yang tidak terelakkan di bumi pertiwi ini. Aspek yang demikian sangat cocok disandingkan dengan Toyota Sienta. Apalagi spesifikasi di Jepang membuat Toyota Sienta terkesan mewah di kelasnya. Hal ini yang mungkin menyebabkan Toyota Sienta begitu dipuja sebelum rilisnya.

indonesia-dapat-sienta-china

Beda di Indonesia, beda lagi di China. Dahulu China merupakan engara yang emmiliki aturan ketat dengan jumlah kelahiran anak yang dibatasi. Konsep ini wajar akibat kelebihan penduduk yang tidak terbendung selama beberapa waktu. Tapi itu dulu. Sekarang China dikabarkan telah menarik aturan tersebut. Sehingga secara umum yang awalnya hanya boleh memilih satu anak saja, sekarang bisa memiliki dua anak, bahkan dalam beberapa kasus hingga tiga anak. Hal ini membuat paradigma baru konsumen mobil di China.

Karena awalnya hanya membutuhkan mobil kecil akibat jumlah anggota keluraga yang hanya tiga orang, saat ini perhitungannya lebih realistis menjadi harus memiliki mobil yang relatif lebih besar. Perubahan paradigma ini memicu Toyota untuk menembak segmen baru di negeri tersebut. Sebutlah MPV dnegan konsep minivan akan menjadi senjata Toyota yang baru menggantikan SUV di negeri tersebut. Sebagaimana dilansir dari autonews.com (25/4/2016), Hiroji Onishi, Toyota’s senior managing officer for China menyampaikan bahwa tembakan segmen tersebut memang ditujukan untuk mengikuti perubahan gaya hidup di China.

Walaupun ide ini termasuk ide jangka panjang, rasanya ide ini cukup menarik utnuk disiapkan di masa yang akan datang. Walaupun demikian, Toyota perlu persiapan untuk menghadapi adanya perubahan emndadak pasaran otomotif di China. Sebagai contoh, Toyota’s Alphard full-size van adalah model yang saat ini sedang digandrungi di China. Hanya saja harganya cenderung mahal bahkan mampu membuat perspektif konsumen di China menyatakan bahwa varian tersebut merupakan varian premium. Sebagai gantinya, Toyota Voxy or Toyota Noah diisukan akan merajam pasar otomotif China ke depan.

separator

Bukan tidak mungkin Toyota Sienta ala Indoensia yang akan dilempar ke negeri Panda tersebut. Namun mungkin saja, varian Voxy dan Noah amlah akan menghujam pasar otomotif Indonesia terlebih dahulu daripada di China. Siapa tahu? Baca juga Toyota Sienta Kurang Sesuai Ekspektasi dan Toyota India Perisapkan Kedatangan All New Fortuner.

Top