Tuas Transmisi Tak User Friendly, Jutaan Mobil Chrysler Ditarik dari Pasaran

Fiat Chrysler Automobile Umumkan Recall Terhadap 1,1 Juta Unit Mobilnya – Baru-baru ini, Fiat Chrysler Automobile (FCA) mengumumkan, bahwa mereka akan melakukan recall pada sebanyak 1,1 juta unit mobilnya di berbagai negara. Penyebabnya adalah tuas transmisi yang bermasalah pada model Dodge dan Jeep.

fiat-chrysler-automobile-umumkan-recall-terhadap-1-1-juta-unit-mobilnya

Masalah yang terjadi pada beberapa model mobil milik FCA adalah, penunjuk posisi gigi di tuas transmisi dirasa kurang user friendly. Pengemudi yang merasa sudah menempatkan tuas pada posisi parking, namun rupanya masih belum tersetting untuk parkir dan hal ini memungkinkan kendaraan akan terus melaju.

Advertisement

FCA melakukan penarikan terhadap model Dodge Charger tahun 2012 hingga 2014, kemudian sedan Chrysler 300, serta Jeep Grand Cherokee model tahun 2014 hingga 2015. Dari jumlah total yang dilakukan recall, sekitar 811 ribu unit merupakan kendaraan yang ada di pasar Amerika Serikat, sementara 52 ribu unit di Kanada, sekitar 17 ribua unit di Meksiko dan hampir 250 ribu unit lainnya berada di luar Amerika Utara.

Dalam kasus ini, Badan Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Amerika Serikat (NHTSA) menyatakan, bahwa kasus ini telah menyebabkan ratusan kecelakaan yang telah terjadi. Diantara kecelakaan yang dilaporkan, menyebabkan sebanyak 41 orang terluka.

Selain itu, pada bulan Februari lalu, NHTSA mendapatkan sekitar 314 laporan keluhan, termasuk 121 laporan kecelakaan akibat mobil terguling, menabrak bangunan, atau menabrak mobil lain. Tentu saja hal ini merugikan banyak pihak khususnya pemilik mobil.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh NHTSA, memang terdapat potensi kesalahan dari pengemudi sendiri pada saat pemilihan posisi gear. Hal ini, disebabkan karena gangguan visual pada pengemudia. Posisi gear dinyatakan melalui lampu indikator, bukan gear selector. Sehingga pengemudi merasa bahwa mereka telah menyeting gear pada posisi ‘parking’ namun nyatanya masih belum.

Selain itu, terdapat juga masalah pada peringatan yang bekerja ketika pengemudi membuka pintu, sedangkan saat itu mesin masih belum berfungsi dengan maksimal.

Fiat Crysler sendiri menyatakan bahwa mereka akan memperbarui fitur yang dapat mencegah mobil berjalan sendiri saat di parkir. Namun, hingga saat ini masih belum disebutkan kapan recall akan mulai dilakukan baik secara massal ataupun bertahap. Baca juga Alami Masalah Transmisi, 1,1 Juta Mobil Ditarik Fiat Automobiles dan Hanya Karena Sabuk Pengaman, GM Recall Chevrolet

Top