Mitsubishi Tak Cantumkan Data Konsumsi BBM Pada Mobil Barunya

Mobil Baru Mitsubishi di Indonesia Tak Mencantumkan Data Konsumsi BBM, Mengapa? – Saat ini produsen kendaraan ternama asal Jepang Mitsubishi tengah dalam masalah serius. Pasalnya perusahaan ini tengah diselidiki pihak berwenang karena diindikasikan melakukan manipulasi terhadap konsumsi bahan bakar pada keempat model Keicarnya yang dijual di Jepang. Hingga saat ini penyelidikan masih terus dilakukan. Bukan hanya pada keempat Keicar saja, tetapi nantinya semua model akan tetapi diperiksa termasuk kendaraan-kendaraan ekspor.

mobil-baru-mitsubishi-di-indonesia-tak-mencantumkan-data-konsumsi-bbm

Lalu, apakah kasus ini berdampak pada Mistubishi Indonesia? Hingga saat ini kendaraan yang didatangkan ke Indonesia baik dalam bentuk completely built up (CBU) dari Jepang ke Indonesia hanya satu model yakni Delica. Sedangkan untuk Mirage, Outlander Sport, dan Pajero Sport merupakan model yang diimpor dari Thailand.

Selain itu, memang aturan yang berlaku di Indonesia juga tak mewajibkan para Agen Pemegang Merek (APM) untuk mencantumkan data konsumsi bahan bakar untuk katalog mobil baru yang mereka bawa. Bahkan, Indonesia juga tak membatasi standar konsumsi bahan bakar rata-rata seperti yang diterapkan di negara lain, kecuali untuk jenis Low Cost Green Car (LCGC) yang telah diberi standar 20 kilometer per liternya.

Menanggapi hal ini, Head of MMC Public Relations Departement PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Intan Vidia Sari, mengatakan seperti yang dikutip dari halaman Okezone, Senin (25/04/2016), “Untuk produk, kami memang belum menginformasikan kepada konsumen atau publik berapa konsumsi bahan bakar, misalnya untuk Outlander berapa, Pajero berapa, dan lainnya. Karena untuk mengukur konsumsi bahan bakar sendiri banyak aspek yang harus diperhatikan. Driving style turut mempengaruhi,” Ujarnya.

separator

Intan kemudian melanjutkan, belum tentu setiap pengemudi dengan varian dan spesifikasi mobil yang sama akan menghabiskan jumlah bahan bakar yang sama pula. Jadi, konsumsi bahan bakar sesuai dengan masing-masing pengendara.

Untuk itulah, mengapa model-model terbaru Mitsubishi saat ini masih belum memiliki data konsumsi bahan bakar pada katalognya. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa untuk melakukan pengukuran, harus melalui banyak proses yang harus dilakukan. Baca juga Keicar Populer di Jepang, Mengapa Tak Dibawa ke Indonesia? dan Beijing AutoShow Gempar Kehadiran Infiniti QX Inspiration

Top