Terbukti, Gempa Jepang Bawa Dampak Ke Indonesia

Lexus Indonesia Terkena Dampak Gempa Jepang – Gempa yang menerjang negeri Sakura pada tanggal 14 April yang lalu tentunya menyisakan duka. Selain duka psikologis, duka ekonomi juga menjadi suatu mimpi buruk yang segera menghantui. Hal ini logis, karena setiap bencana alam yang terjadi tentunya akan menghentikan roda perekonomian, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Khusus di Jepang, informasi yang didengar datang dari Toyota yang menghentikan pabriknya akibat gempa tersebut.

terbukti-gempa-jepang-bawa-dampak-ke-indonesia

Pabrikan Toyota di Jepang yang merupakan unit produksi di bawah naungan Toyota Motor Corporation tersebut bahkan sampai mengumumkan menutup produksinya. Bukan untuk selamanya memang, hanya saja dari awal semula berencana menutup seminggu hingga tanggal 23 April kemarin, nyatanya malah diperpanjang oleh TMC hingga tanggal 28 April 2016 lusa sebagaimana dilansir dari Kompas (26/4/2016). Tentunya adanya perpanjangan penutupan tersebut bisa dibilang mampu memberikan indikasi keparahan akibat gempa terhadap perekonomian suatu pabrik.

Walaupun bukan masalah kerusakan infrastruktur, Toyota mengakui penutupan pabriknya tersebut lantaran suplier Toyota tidak mampu memnuhi permintaan Toyota akan komponen yang dipesan. Alasannya tentu utamanya karena gempa tersebut. Masalahnya, beda Toyota beda lagi Lexus. Jika sekelas Toyota saja perlu memperpanjang ‘libur’nya, Lexus malah belum tahu kapan bisa dioperasikan kembali.

Hal ini tentunya menyebabkan pasokan kendaraan tersebut menjadi kacau di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia menyatakan memang ada kekurangan pasokan. Namun utnuk kepastian jumlah yang kurang belum dapat diperhitungkan. Satu hal yang pasti, apabila mengikuti rencana harusnya bulan Mei mendatang Lexus Indonesia sudah dapat jualan stock mobil baru. Namun akibat kejadian ini belum tentu reencana tersebut dapat dilangsungkan.

separator

Parahnya, sumber yang sama menyebutkan bahwa akibat gemopa tersebut aan memengaruhi stok hingga tiga bulan ke depan. Tentunya hal tersebut masih perkiraan berdasarkan analisa singkat melihat kondisi yang ada. Namun, GM Lexus Indoensia menyatakan bahwa prioritas barang yang tersedia baik sekarang maupun nanti akan diberikan pada konsumen yang sudah emmesan terlebih dahulu. Untuk itu rasanya kecemasan para konsumen tidak perlu berlebihan.

Tentunya, bencana alam bukan keinginan semua orang. Satu hal yang perlu dipikirkan dengan kondisi Toyota dan Lexus yang demikian, barang kali dunia otomotif di Indonesia juga akan ikut terganggu setidaknya hingga tiga bulan ke depan. Baca juga Toyota, Rantai Suplai Terhenti Akibat Gempa dan Beijing AutoShow Gempar Kehadiran Infiniti QX Inspiration.

Top