Harga Kawasaki Z250SL, Review & Spesifikasi Februari 2017

Harga Kawasaki Z250SL dan Spesifikasi – Kawasaki merupakan salah satu produsen otomotif asal Jepang yang dikenal rajin dalam meluncurkan produk berupa motor sport dengan berbekal spesifikasi yang tangguh. Salah satu motor terbaik besutannya yaitu Kawasaki Z250SL. Motor street fighter ini merupakan versi naked dari saudaranya yang telah diluncurkan sebelumnya pada tahun 2014 silam, yakni Kawasaki Ninja RR 250 Mono. Banyak perbedaan di antara keduanya namun perbedaan yang paling mencolok yaitu pada bodi dari Kawasaki Z250SL di mana motor street fighter ini tak terbalut full fairing sebagaimana saudara tuanya Ninja RR 250 Mono yang tampil dengan bodi full fairing. Meskipun demikian, motor ini akan hadir dengan menyuguhkan tampilan yang tak kalah keren dan dibekali spesifikasi mumpuni serta beragam fitur canggih yang akan memberikan kenyamanan dalam berkendara. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa Kawasaki Z250SL ini secara spesial dirilis pertama kali di Indonesia dan produksinya sendiri akan dilakukan di Indonesia tepatnya di Cibitung. Motor sport ini juga rencananya akan di ekspor ke beberapa negara untuk memenuhi kebutuhan motor sport di negara-negara tersebut. Lalu, apa sih kelebihan yang dimiliki Kawasaki Z250SL ini?

Kawasaki Z250SL

Kawasaki Z250SL

Sebenarnya, Kawasaki Z250SL ini tak memiliki perbedaan jauh dengan spesifikasi yang dimiliki saudara tuanya, Ninja RR 250 Mono. Hanya saja, pada sektor tampilan luarnya, street fighter besutan Kawasaki ini tampil naked dengan melepas full fairing yang ada di saudara kandungnya sehingga bisa terlihat kerangka-kerangka besi yang membentuk bodynya. Tak hanya itu saja, Kawasaki Z250SL ini juga dibekali sektor dapur pacu handal dengan dibenamkannya mesin DOHC 4 katup dengan kapasitas mesin 249cc sehingga mampu meletupkan tenaga mesin gahar khas motor street fighter. Di sisi lain, beberapa fitur pun juga turut disematkan pada Kawasaki Z250SL ini guna menunjang keselamatan atau pun keamanan pengemudi serta kenyamanan dalam berkendara. Nah, untuk mengetahui lebih lengkapnya, mari kita simak bersama ulasan mengenai spesifikasi dan harga Kawasaki Z250SL yang akan diuraikan oleh Mas Sena pada beberapa segmen di bawah ini.

Motor Kawasaki Z250SL

Motor Kawasaki Z250SL

Review Kawasaki Z250SL

Desain

Desain Bodi Agresif dan Sporty Khas Motor Street Fighter

Advertisement

Pada sesi awal ini Mas Sena ingin mengajak kawan-kawan semua untuk berkenalan dengan menilik pada desain eksterior dari spesifikasi Kawasaki Z250SL. Sebagai motor street fighter yang gagah, motor ini memperlihatkan kegagahannya dengan menampilkan desain bodi bertotot pada setiap sisi bodinya. Sehingga, kesan sporty dan garang pun kian terpancar dari street fighter garapan Kawasaki ini. Di mulai dari depan, tampak terpasang sebuah headlamp yang didesain membentuk huruf “V”,  mirip dengan headlamp milik Ninja RR 250 Mono. Selain itu, di atas samping kanan kiri dari headlamp Kawasaki Z250SL ini juga terpasang 2 buah lampu sein dan juga spion berdesain lancip sehingga memperkuat kesan motor street fighter yang siap melibas medan jalan. Lalu, menginjak pada bodi sampingnya, karena tak tertutup oleh full fairing maka tampak susunan kerangka besi dan susunan mesin yang semakin memperlihatkan kesan maskulin dan sporty pada Kawasaki Z250SL ini. Selain itu, berpindah ke atas mesin tampak juga Kawasaki membekali sebuah tangki bahan bakar yang berkapasitas 11 liter di mana tangki tersebut didesain dengan bentuk sedikit memanjang dan lebar lengkap dengan beberapa lekukan tegas di sekujur tangki tersebut sehingga menjadikan motor street fighter ini tampil begitu maskulin dan gagah. Kemudian, sedikit beralih ke belakang tangka dari Kawasaki Z250SL, terlihat jok dual split yang di mana antara jok pengemudi dan penumpangnya dirancang secara terpisah di mana jok penumpangnya dibuat sedikit lebih tinggi daripada jok pengemudi sehingga membuat tampilan motor ini kian menarik ketika ditunggangi. Lanjut pada sektor belakang, spakbor dari Kawasaki Z250SL ini memang didesain dengan gaya yang begitu sporty dengan 2 lampu sein berada di bawahnya dan dirancang secara terpisah dari stop lamp yang diusungnya di mana stop lamp yang diusung pada motor ini dibentuk dengan rancangan meruncing layaknya motor ssport modern. Melihaat secara keseluruhan, tampaknya sektor eksterior dari spesifikasi Kawasaki Z250SL ini memang menampilkan bodi motor yang begitu maskulin dan sporty khas motor street fighter modern.

Spesifikasi Kawasaki Z250SL

Spesifikasi Kawasaki Z250SL

Speedometer

Panel Indikator Minimalis Namun Tampilkan Informasi Akurat dengan Desain Full Digital

Menginjak pada pembahasan selanjutnya, kini kita akan mengulas sektor panel indikator dari spesifikasi Kawasaki Z250SL. Meski memiliki tampilan bodi yang begitu sporty dan gagah namun untuk panel indikator dari motor streetfighter ini dihadirkan dengan desain minimalis namun tetap memberikan info terkait kondisi motor secara akurat dan informatif. Selain itu, pada panel indikator ini, terbagi menjadi 3 bagian, di mana panel digital Kawasaki Z250SLini berada di tengah sedangkan pada sektor kanan kirinya ditampilkan indikator lampu. Untuk bagian tengahnya ini akan menampilkan panel digital yang berisi informasi mengenai kecepatan yang dihitung Km/jam, tripmeter, odo, jarak tempuh, indikator bahan bakar, dan jam. Sementara itu, pada sisi kiri panel dari Kawasaki Z250SL, akan menampilkan beberapa lampu indikator , seperti lampu netral dan lampu dim/lampu tembak. Sedangkan pada sisi sebelah kanan, akan ditampilkan info mengenai indikator lampu sein, kapasitas oli, dan fuel Injection. Melihat hal tersebut, tampaknya memang sektor panel indiaktor dari spesifikasi Kawasaki Z250SL ini didesain secara minimalis namun tetap menampilkan informasi yang pas dan akurat kepada pengemudinya.

Spesifikasi Motor Kawasaki Z250SL

Spesifikasi Motor Kawasaki Z250SL

Dimensi

Struktur Dimensi Kokoh dengan Rangka Teralis Berbahan Baja

Sudah diketahui bahwa pada sektor eksterior dari spesifikasi Kawasaki Z250SL ini memang memperlihatkan kesan sporty. Tentu, tampilan sporty tersebut tak lepas dari dukungan rangka atau frame yang digunakan pada Kawasaki Z250SL ini. Pasalnya, motor street fighter besutan Kawasaki ini mengandalkan rangka jenis Teralis yang dibentuk dari bahan baja High-tensile Steel sehingga mampu memberikan bodi yang kuat dan kokoh. Selain itu, pengunaan rangka Teralis ini juga tetap mempertahankan unsur estetika dan membuat motor street fighter ini menjadi tampak lebih berjiwa maskulin dan sporty. Di sisi lain, Kawasaki Z250SL ini juga memiliki ukuran dimensi yang terbilang cukup ramping untuk sekelas motor gede di mana memiliki panjang 1.935 mm, lebarnya 700 mm, tinggi 1.075 mm. Ukuran dimensi tersebut dinilai sangatlah cocok untuk jenis motor ini, sehingga motor ini dapat melaju dengan stabil serta ringan dalam melakukan manuvernya. Ditambah lagi jarak poros roda yang mencapai 1.330 mm dan ground clearance setinggi 165 mm pada spesifikasi Kawasaki Z250SL ini akan memberikan keseimbangan antara bagian depan dan belakang lebih terjaga serta motor tidak mudah kandas saat melewati tanggulan.

Review Kawasaki Z250SL

Review Kawasaki Z250SL

Suspensi

Motor Street Fighter dengan Sokongan Suspensi Kokoh dan Rem Handal

Selain mengandalkan rangka trails berbahan pipia baja hiih tensile steel, spesifikasi Kawasaki Z250SL ini juga sudah dilengkapi dengan suspensi yang begitu kokoh dan tangguh untuk menopang beban berat yang dibawa motor street fighter besutan Kawasaki ini. Pada bagian depan, Kawasaki akan membekali motor besutannya ini dengan suspensi tipe Teleskopik berikuran 37 mm dan tipe UniTrak-Swingarm pada suspensi bagian belakangnya. Kedua jenis suspensi pada Kawasaki Z250SL tersebut diketahui akan mampu meredam setiap getaran yang terjadi pada motor sehingga pengendara akan merasa lebih nyaman dalam mengendarai motor sport ini ketika melalui jalanan yang tidak rata ataupun jalanan yang bergelombang. Apalagi dengan penggunaan ban yang berukuran 100/80-17M/C 52S untuk bagian depan dan 130/70-17M/C 62S untuk ban belakang Kawasaki Z250SL, yang akan menyempurnakan kenyamanan berkendara anda dan siap dalam menghadapai segala macam kondisi medan. Bahkan, keselamatan pengemudinya pun akan lebih terjamin berkat disematkannya rem cakram di kedua buah rodanya depan dan belakang. Masing-masing rem cakram tersebut memiliki ukuran diameter 290 mm disc untuk bagian depan dan untuk bagian belakangnya memiliki ukuran diameter 220 mm disc. Selain itu, spesifikasi Kawasaki Z250SL  pada sektor pengereman ini jga akan dibekali dengan teknologi ABS yang mana dengan sistem pengereman tersebut keamanan pengemudinya pun akan lebih terjaga apabila sewaktu-waktu terjadi pengereman secara mendadak.

Harga Motor Kawasaki Z250SL

Harga Motor Kawasaki Z250SL

Mesin

Andalkan Mesin DOHC 4 Katup Berkapasitas 249cc Hasilkan Performa Tangguh

Beralih pada sesi berikutnya, kali ini Mas Sena akan mengulas sektor dapur pacu dari spesifikasi Kawasaki Z250SL. Selain memiliki desain sporty, dimensi kokoh beserta suspensi yang kuat,motor besutan pabrikan Jepang ini tentunya juga akan dibekali dengan komponen mesin pacu yang handal dan tangguh. Pasalnya, Kawasaki sendiri telah menyematkan motor street fighter besutannya ini dengan tipe mesin 4 langkah single dengan teknologi DOHC 4 katup dan memiliki kapasitas kubikasi mencapai 249cc. Dengan disematkannya mesin tersebut maka Kawasaki Z250SL ini diklaim akan mampu melaju dengn tenaga maksimum 28 Ps per putaran 9.700 rpm dan torsi puncak mencapaoi 22.6 Nm per putaran 8.200 rpm. Maka, tak heran jika nantinya motor ini mampu melaju dengan akselerasi gsit dan kecepatan tinggi. Di sisi lain, tenaga yang diletupkan dari mesin tersebut nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi manual 6 percepatan. Tak hanya itu saja, Kawasaki Z250SL ini pun juga memiliki perbandingan kompresi mesin sebesar 11.3 : 1 dan memiliki diameter piston dan stroke yang masing-masing berukuran 72.0 mm x 61.2 mm. Di samping itu, untuk menyempurnakan pembakaran pada sektor mesin, Kawasaki melengkapinya dengan sistem bahan bakar berupa teknologi injeksi dengan sistem pengapian digital yang mampu mengefisiensikan konsumsi bahan bakar pada motor ini. Bahkan, untuk sistem penyuplai bahan bakarnya Kawasaki menyematkan jenis karburtor dengan Fuel injection diameter 38mm x 1 pada spesifikasi Kawasaki Z250SL ini. Hal tersebut akan membuat pembakaran pada mesin menjadi lebih sempurna dan emisi yang dikeluarkan juga menjadi lebih bersih.

Fitur

Motor Berkapasitas Besar dengan Berbekal Fitur Keselamatan dan Kenyamanan

Selanjutnya, kita akan membahas pokok bahasn terakhir dari ulsan mengenai spesifikasi Kawasaki Z250SL di mana pada sesi ini Mas Sena akan menguraikan beberapa fitur yang disematkan pada motor street fighter besutan Kawasaki ini. Pertama, untuk menunjang keselamatan atau keamanan dalam berkendara, Kawasaki telah membekali Kawasaki Z250SL ini dengan sistem pengereman cakram yang handal. Bahkan, pabrikan otomotif asal Negeri Sakura ini juga menawarkan varian sistem pengereman berteknologi ABS yang tentunya akan memberikan tingkat keselamatan atau daya pengereman yang jauh lebih tinggi daripada varian non ABS. Selain itu, Kawasaki Z250SL ini juga dilengkapi dengan speedometer yang didesain minimalis namun tetap menampilkan kondisi motor yang lebih informatif. Bahkan, utnuk memberikan kenyamanan dalam berkedara ketika melewati jalan bergeronjal maka Kawasaki pun membekali spesifikasi Kawasaki Z250SL ini dengan sistem suspensi yang tangguh dan kokoh sehingga mampu meredam setiap goncangan pada saat melewati jalanan yang memiliki kontur tak rata.

Video Kawasaki Z250SL

Berikut ini adalah official video Kawasaki Z250SL yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Kawasaki ini:

Spesifikasi Kawasaki Z250SL

Mesin
TipeLiquid-cooled, 4-stroke, DOHC, 4 Valves
Kapasitas Silinder249 cm³
Rasio Kompresi11.3:1
Daya Maksimum20.6 kW {28PS} @ 9,700 rpm
Torsi Maksimum22.6 N.m {2.3kgf.m} / 8,200 rpm
Sistem Bahan BakarFuel injection KEIHIN (ø28 x 2) with dual throttle valves
PengapianDigital
StarterElectric
LubrikasiForced lubrication (wet sump)
Sistem Transmisi6-speed, Return
Dimensi
Tipe rangkaTube diamond, high-tensile steel
P x L x T1,935 mm x 700 mm x 1,015 mm
Jarak Sumbu Roda1,330 mm
Jarak Terendah ke Tanah180 mm
Tinggi Jok785 mm
Berat148 kg
Kapasitas Tangki11 L
Kaki-kaki
Suspensi Depan37 mm telescopic fork
Suspensi BelakangBottom-link (Uni-Trak), 5-way adjustable preload
Rem DepanSingle 290 mm petal disc with dual-piston caliper
Rem BelakangSingle 290 mm petal disc with dual-piston caliper

Harga Kawasaki Z250SL

Sampai pada pembahasan paling akhir ini, Mas Sena saatnya membuka informasi terkait harga Kawasaki Z250SL. Tapi tunggu dulu, perlu untuk diketahui dan ditegaskan kembali bahwa motor streer fighter ini memang diluncurkan dengan tampilan eksterior yang begitu sporty dan memukau khas motor street fighter modern. Sehingga, tampilan Kawasaki Z250SL yang menawan tersebut pun akan mampu memikat hati para calon konsumen, Di sisi lain, performanya pun juga sangat tangguh mengingat pada sektor mesinnya sudah mengandlkan tipe DOHC dengan kapasityas meisn 249cc yang akan membuat motor ini mampu melejit dengan kecepatan tinggi. Bahkan, dengan harga Kawasaki Z250SL ini yang cukup mahal, motor ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pengereman ABS yang siap memberikan hasil pengereman yang lebih maksimal. Tentu, dengan adanya fitur ABS ini maka sektor pengereman tersebut dinilai akan lebih mampu mencegah terjadinya kecelakaan. Dengan mengetahui spesifikasi yang handal tersebut, lantas kira-kira berapa ya harga Kawasaki Z250SL ini?

Harga Kawasaki Z250SL

Harga Kawasaki Z250SL

Harga Kawasaki Z250SL Terbaru

Harga Kawasaki Z250SL Terbaru

Masih membicarakan mengenai banderol, harga Kawasaki Z250SL ini akan dipatok pada kisaran harga yang cukup mahal bagi sebagian konusmen. Selain itu, harga tersebut nantinya juga akan terbagi menjadi 2 pilihan mengingat motor street fighter ini akan ditawarkan dengan 2 pilihan, yaitu versi ABS dan non ABS. Nah, terkait harga Kawasaki Z250SL tersebut, berdasarkan informasi yang telah Mas Sena kutip dari situs resmi Kawasaki Indonesia bahwa harga motor tersebut untuk versi non ABS akan dibanderol Rp 41.5 juta. Sementara untuk versi ABS akan dibanderol Rp 47.8 juta. Perlu diketahui bahwa harga Kawasaki Z250SL tersebut merupakan hargaa OTR untuk wilayah JADETABEKSER sehingga di luar daerah OTR tersebut maka bisa dipastikan harganya cenderung lebih mahal meski selisihnya tidak akan terlalu jauh. Nah setelah melihat angka yang tersemat pada banderol harga Kawasaki Z250SL tersebut, apak kawan-kawan berminat untuk memboyongnya ke garasi rumah?

Harga Kawasaki Z250SL
TipeHarga
Kawasaki Z250SL ABSRp. 47,800,000,-
Kawasaki Z250SL Non ABSRp. 41,500,000,-

Catatan : 

  • Harga Kawasaki Z250SL diatas merupakan harga OTR JADETABEKSER
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga motor Kawasaki Z250SL
Advertisement

Di sisi lain, jika kita membandingkan antara harga Kawasaki Z250SL yang disebutkan diatas dengan spesifikasi yang diusungnya, tampaknya banderol yang menginjak angka 40 jutaan tersebut dinilai cukup standar. Namun, bagi sebagian besar orang Indonesia, harga Kawasaki Z250SL tersebut dinilai cukup mahal. Sehingga, tentu saja hanya konsumen yang berdompet tebal saja yang akan mampu memboyong motor street fighter besutan Kawasaki ini. Namun, tampaknya Kawasaki tetap harus benar-benar siap untuk bersaing dengan beberapa produk besutan competitor Kawasaki Z250SL, seperti Honda CB250F dan Yamaha MT-25 di mana keduanya dibekali dengan spesifikasi tangguh dan banderolnya pun terbilang cukup kompetitif. Nah, itulah tadi ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Kawasaki Z250SL. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat. Jangan lupa baca juga ulasan menarik lainnya mengenai Kawasaki Ninja 250 RR Mono dan Yamaha MT 25.

  • andri

    motor kawasaki z250sl harga nya di bandrol brpa ????

    • Mas Sena

      Dibandrol 38,9 juta mas, itu diatas ada, hehe

  • Gorga Naibaho

    Sangat menarik harganya, entah kenapa setiap melihat foto & video dari sepeda motor ini, saya teringat KTM Duke 200. BTW, harga jual Z250SL di Indonesia sepertinya lebih murah dari di Malaysia, tumben…

    • suhendri

      Harga diatas harga sampe di tangan alias on the road atau harga pabrik. Soalnya sy tanya ke dealer harganya yg abs rp 48.600.000

      • Mas Sena

        Harga on the road mas, harga yg ditampilkan di semisena ga mesti sama dengan harga yg ada dipasaran, itu cuma kisaran aja, untuk lebih validnya tanya sama dealer yg ada di wilayah mas

  • bagoes

    Harga diluar jabotabek berapa

  • Rizal

    Mas Sena,starternya cuma satu ya, utk starter kaki yg engkolnya nggak ada ya,mhn infonya. Tks

  • lucky

    TVS DRAKEN saingannya, tapi jadi keluar gk tuh motor?

  • ck

    Brp silinder mas??

  • Bang De

    Mas bro..untuk harga di daerah pontianak kalbar berapa ya

  • johan triwibowo

    Ga tau kenapa kalo sy lbh suka ke Z250 2 silinder.

Top