Suzuki Masih Simpan Mobil Ertiga Dieselnya!!

Suzuki Belum Memastikan Kapan Akan Menjual Ertiga Diesel di Indonesia – Meskipun PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah melakukan pengujian 50.000 kilometer untuk produk Ertiga dengan mesin diesel sejak akhir tahun 2014 yang lalu. tapi sampai sekarang kendaraan multi guna bawah (Low Multi Purpose Vehicle/LMPV) tersebut belum diluncurkan di pasaran Indonesia.

Suzuki Belum Memastikan Kapan Akan Menjual Ertiga Diesel di Indonesia

Hal ini dikarenakan proses pengujian terhadap Ertiga mesin diesel tersebut masih dijalankan sampai sekarang. Selain itu, kualitas dari bahan bakar Solar bagi mobil Ertiga bermesin diesel memang belum terjamin. Namun, Suzuki tak perlu khawatir lagi tentang hal tersebut. Pasalnya, seperti yang kita ketahui bahwa tidak lama lagi Pertamina akan meluncurkan jenis baru dari solar yaitu Dexlite. Bahan bakar Dexlite merupakan bahan bakar minyak terbaru dari Pertamina khusus kendaraan bermesin diesel di Indonesia yang mempunyai cetane number 51. Jika dibandingkan dengan solar biasa, cetane numbernya hanya 48. Namun jika dibandingkan dengan Pertamina Dex yang mempunyai cetane number 53 masih rendah.

Kehadiran BBM terbaru dari Pertamina tersebut, tidak lantas membuat Suzuki langsung mengeluarkan produk Ertiganya. Suzuki masih harus mengkaji ulang dan mempertimbangkan kembali sebelum benar-benar menjualnya di Indonesia.

Seperti yang disampaikan oleh Donny Saputra selaku Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang menyatakan, “Kami belum bisa memberikan informasi lebih lanjut, karena kami masih melakukan proses studi,”  kata Donny Saputra.

separator

Menurutnya, Solar tidak hanya tentang cetane number semata. Melainkan juga harus mengecek dengan cermat kandungan sulfur dan kandungan lainnya. Begitu juga dengan pengujian yang dilakukan oleh pihak internal Suzuki, dimana prosesnya sangat lama dan bermacam-macam. Meskipun sebelumnya, Dony juga pernah mengatakan bahwa  jika cetane number dan kandungan sulfur jenis solar di Indonesia sudah memenuhi persyaratan Suzuki, maka Ertiga versi mesin diesel sudah bisa dijual. Dexlite sendiri mengandung sulfur maksimal 1200 part per million (PPM). Angka tersebut di bawah Pertamina Dex yang kandungan sulfurnya di bawah 300 part per million (PPM). Baca juga Suzuki Baleno Mentok Di 4 Bintang dan Dengan Perubahan Signifikan, Baleno Siap Meluncur di Indonesia.

Top