Ford Desain Mesin Baru

EcoBlue, Diesel Hasil Tangan Ford – Ditengah badai pemalsuan emisi oleh beberapa perusahaan pembuat mobil yang bertanggung jawab, nyatanya Ford malah buat mesin baru yang diklaim lebih ramah lingkungan. Mesin yang dinamai EcoBlue ini disninyalir memiliki kesamaan prinsip dengan EcoBoost namun dnegan penyempurnaan yang lebih baik untuk menghasilkan tenaga yang lebih nendang untuk tegukan BBM yang sama, demikian dilansir dari Kompas (28/4/2016).

ford-desain-mesin-baru

Masih dari laman yang sama, spesifikasi EcoBlue ini digadang memiliki ruang bakar yang sama. Angka 2.0 liter menjadi volume ruang bakar yang dipilih sebagai nyawa dalam mesin ini. Lucunya, dengan ruang bakar yang sama, mesin ini memiliki pilihan output tenaga yang bervariasi. Tersebut angka 105 tk, 130 tk dan 170 tk menjadi variannya. Entah bagaimana varian spesifikasi tersebut mampu dibuat oleh Ford.

Untuk masalah rencana penanaman, kabarnya EcoBlue akan menjadi jantung dari beberapa varian kendaraan komersial dan pikap kabin ganda yang akan diusung Ford dimasa yang akan datang. Jim Farley, Chairman dan CEO Ford Eropa menyatakan bahwa, Mesin diesel terbaru tersebut menawarkan efisiensi bahan bakar dan menghasilkan CO2 lebih rendah 10 persen dari biasanya. Dikarenakan untuk segmen mesin bensin sudah diisi dengan EcoBoost, untuk itu varian diesel ditembak dengan EcoBlue.

Ford menyatakan bahwa teknologi mesin diesel terbarunya itu menghasilkan emisi udara rendah dan sudah memenuhi standar euro VI. Suatu standar tinggi tentunya untuk menempatkan kelas mesin EcoBlue ini dijajaran produsen mesin lainnya.

Dikabarkan juga bahwa mesin tersebut akan dikembangkan versi mininya dengan volume ruang bakar hanya 1.5 liter. Versi mini ini ditujukan untuk menjadi jantung varian mobil yang lebih kecil seperti mobil penumpang. Hanya saja, untuk varian ini masih belum jelas spesifikasinya. Terang saja, untuk diesel memang pasaran yang tepat ada pada kendaraan-kendaraan berat sehingga wajar apabila fokus pengembangan berpusat pada varian tersebut.

Dengan hngkangnya Ford di Indonesia, hampir bisa dipastikan bahwa mesin ini tak akan pernah masuk lagi di Indonesia. Tentunya hal ini menjadi sekian hal yang disayangkan oleh konsumen Ford. Pasalnya, apabila mengikuti pergerakan pasar otomotif, setidaknya celah masuk berjayanya mesin diesel di Indonesia sudah mulai terlihat. Tentunya, kedepan hal ini bisa jadi pertimbangan Ford untuk datang lagi ke Indonesia. Baca juga Hengkang Dari Indonesia, Ford Eksis di Thailand dan Pesanan Ford GT Tampung Pesanan Tujuh Ribu Lebih.

Top