Ganti Nahkoda, Bagaimana Kabar Infiniti di Indonesia?

Ganti Pimpinan, Kemungkinan Infiniti Tak Masuk Hitungan Fokus NMI – Beberapa waktu lalu, PT Nissan Indonesia telah mengumumkan pergantin pimpinan perusahaan. Kini Antonio Zahra asal Filipina merupakan nahkoda baru Nissan Indonesia. Dengan berganti nahkoda, tentu arah haluan utama perusahaan juga mengalami perombakan. Hal ini sebagai upaya untuk mengembalikan pertumbuhan penjualan di pangsa pasar. Namun, hal ini rupanya menjadi ancaman bagi model Infiniti yang kabarnya kemungkinan tak masuk dalam daftar strateginya.

ganti pimpinan kemungkinan infiniti tak masuk hitungan fokus nmi

Seperti diketahui, saat ini NMI memasarkan tiga merk utama di pasar Indonesia, yaitu Nissan, Datsun, dan Infiniti. Kedua merek utama telah dipastikan akan tetap jadi andalan selanjutnya. Namun, menurut Toti sapaan akrab dari bos baru NMI itu dengan mengandalkan kedua model tersebut maka penjualan akan lebih baik. Namun, hingga kini masih belum ada perhatian khusus terhadap satu model lainnya yaitu Infiniti. Bahkan beberapa isu mengatakan bahwa Infiniti tengah dipertimbangkan untuk opsi tutup.

“Fokus utama kami adalah Nissan dan Datsun. Saya baru tiba dua pekan di Indonesia, jadi belum sempat berbicara dengan tim Infiniti di sini,” Ujanrnya seperti yang dikutip dari halaman KompasOtomotif, Kamis (28/04/2016).

Infiniti sendiri merupakan anak perusahaan Nissan yang menyasar segmen mobil premium. Merek ini pertama kali meluncur di pasar NMI di tahun 2011 lalu. Peluncuran ini bersamaan dengan peresmian diler megahnya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Namun, sayangnya, persaingan Infiniti di pasar Indonesia belum terlihat. Penjualan dari tahun ke tahun justru semakin mengecewakan. Bahkan, tak jarang angka penjualan bulanannya di Amerika Serikat terbilang nol.

Lalu, berdasarkan data penjualan ritel Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa Infiniti hanya sanggup melepas 9 unit kendaraan di tahun 2014 dan tahun 2015. Sementara dalam tiga bulan pertama tahun ini, baru ada satu unit yang terjual.

Jumlah ini tentu tertinggal sangat jauh dari kompetitornya satu negara asalnya yaitu Lexus yang notabenenya merupakan produk premium dari Toyota.

Lalu, kira-kira langkah apa yang akan dilakukan NMI terhadap Infiniti? Baca juga Kejar Target, PT Nissan Motor Indonesia Siapkan Model Baru Untuk 2018 dan Antonio Zara Nahkoda Nissan Indonesia

Top