Honda BR-V 21,9 Kpl

Honda BR-V Diesel Lebih Irit – Fluktuasi harga minyak dunia memang membuat cemas pecinta otomotif. Walaupun saat ini tergolong condong menurun, namun sebagai barang yang akan segera langka dikemudian hari tentunya wajar jika kekhawatiran harga naik menjadi suatu hal yang tidak terbantahkan. Terlebih, penelitian ilmiah memang menunjukkan bahwa gas buang BBM selain beracun, juga memiliki andil yang tak sedikit dalam kerusakan lingkungan.

honda br v 219 kpl

Agaknya, dengan menilik fenomena tersebut, produsen mobil dunia mulai berlomba-lomba untuk membuat mobil yang irit konsumsi BBM. Perhitungannya sederhana, apabila setetes BBM mampu menghasilkan tenaga dorong yang lebih besar tentunya akan berbanding lurus dengan perhitungan efisiensi mesin yang memiliki dampak positif terhadap lingkungan. Dengan tujuan tersebut, akhirnya produsen mobil tidak hanya bersaing dengan merek tetangganya saja. Melainkan dengan branding yang diangkat sendiri perlu untuk dipertandingkan.

Advertisement

Kali ini Honda memang misterius. Pasalnya BR-V yang termasuk masih hot sudah dikejar-kejar untuk dipertandingkan. Dilansir dari Kompas (29/4/2016), crossover tujuh penumpang tersebut memiliki dua pilihan mesin, yakni mesin bensin 1.5-liter i-VTEC dan mesin diesel 1.5-liter i-DTEC. Mesin i-Vtec tersebut memiliki kemampuan menedang dengan kekuatan sebesar 119 ps dan torsi 145 Nm. Mesin ini berpadu padan dengan transmisi manual 6-percepatan atau Continous Variable Transmission (CVT).

Paduan tersebut menghasilkan nilai konsumsi bahan bakar hingga 15,4 kilometer per liter. Bahkan dibeberapa pengujian ulang tercatat mampu menyentuh nilai hingga 16 kilometer per liter. Itu untuk minuman bensin, jia berbicara solar beda lagi ceritanya. Varian diesel BR-V tercatat punya tenaga 100 ps dan torsi 200 Nm. Untuk ukuran tenaga bisa dibilang lebih kecil daripada mesin bensinnya. Namun entah mengapa torsi yang dihasilkan bisa lebih besar daripada mesin bensinnya. Satu hal yang jelas tercatat konsumsi BBM-nya cukup luar biasa, yaitu mencapai 21,9 kilometer per liter.

Hasil tersebut bukan isapan jempol belaka. Pasalnya, Honda sendirilah yang melakukan pengetesan di India terhadap varian BR-V tersebut. Walaupun pengetesan dilakukan di India, basis produksinya sebenarnya ada di Ayutthaya, Thailand. Hal ini sejalan karena peluncuran BR-V diesel juga dilakukan di Thailand. Lantas apakah hasil tersebut memiliki korelasi terhadap produk di Indonesia? Jika memang BR-V yang ada di Indonesia berasal dari negara tersebut, mungkin saja penilaian efisiensi itu berlaku juga di tanah air. Baca juga Sebelum Resmi Diluncurkan, Honda India Lebih Dahulu Kenalkan BR-V dan Honda WR-V Bakal Hadir Dengan Gaya Desain Baru.

Top