“Indonesia Automotive Institute” Siap Diresmikan 20 Mei Mendatang

Akhirnya, Rencana Gaikindo Merilis Indonesia Automotive Institute Segera Terwujud – Sepertinya keinginan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk membangun Indonesia Automotive Institute (IAI) akan segera terwujud dalam waktu dekat ini. Menurut rencana, sekitar tanggal 20 Mei 2016 nanti Indonesia Automotive Institute (IAI) tersebut akan diresmikan.

Akhirnya, Rencana Gaikindo Merilis Indonesia Automotive Institute Segera Terwujud

Hal ini disampaikan langsung oleh I Made Dana Tangkas selaku Ketua Pengembangan Industri Otomotif Gaikindo dalam acara Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat pada hari Jumat (29/4). Dalam keterangannya, I Made mengungkapkan akan meresmikan Institut Otomotif Indonesia tersebut di Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI), Cempaka Putih, Jakarta Pusat pada tanggal 20 Mei 2016.

Dia juga menambahkan kalau institute tersebut sifatnya organisasi dan akan dihadirkan juga pakar-pakar otomotif yang sudah tidak bekerja lagi di merek mobil manapun untuk mengembangkan kebijakan industri otomotif, memberikan masukan kepada industri, serta memberikan edukasi serta pelatihan otomotif.

Kehadiran institute tersebut sangat bermanfaat karena bisa sekaligus untuk membentuk Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), sertifikasi terhadap kompetensi otomotif dari berbagai perusahaan di Indonesia serta bisa ikut serta dalam mengembangkan teknologi dan sebagai technical center terhadap kegiatan otomotif di Indonesia.

Dalam keterangan yang disampaikan oleh I Made dijelaskan bahwa Indonesia Automotive Institute (IAI) ini sangat membutuhkan dorongan dari pemerintah agar bisa mendorong perkembangan industri otomotif di Indonesia. Karena institute tersebut merupakan lembaga independen yang harus didukung oleh pemerintah seperti di negara lain yang juga mendapatkan dukungan dari pemerintah sehingga perkembangan industri di Indonesia bisa lebih maju.

Sebagai informasi, selain menjabat sebgai Ketua Pengembangan Industri Otomotif Gaikindo, I Made Dana Tangkas juga menjabat sebagai Direktor Korporasi dan Hubungan Eksternal Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Baca juga  Volkswagen dan Suzuki Resmi Pisah dan Piaggio Dirikan “Fast Forward” untuk Ciptakan Kendraaan Futuristik.

Top