Alami Masalah Keuangan, Nasib MV Agusta Diujung Tanduk!

MV Agusta Dikabarkan Terancam Bangkrut – Sempat mengalami masalah keuangan sejak tahun 2014 yang lalu, kini kabar tidak mengenakkan kembali datang dari MV Agusta yang merupakan salah satu pabrikan motor sport yang berasal dari Italia. MV Agusta sendiri adalah merek sepeda motor legendaris di dunia yang mana telah memenangkan setidaknya 75 kompetisi balap dunia. Namun, kini berhembus kabar yang menyebutkan MV Agusta akan memisahkan diri dari Mercendes AMG.

MV Agusta Dikabarkan Terancam Bangkrut

Sebelumnya, memang diketahui bahwa sebanyak 25 persen saham MV Agusta dimiliki Mercedes AMG. Dan Giovanni Castiglioni selaku CEO pernah melakukan negosiasi pembelian kembali saham tersebut demi menjaga dan mempertahankan perusahaan agar tetap dalam keadaan stabil khususnya dalam hal keuangan. Namun, setelah dua tahun lamanya Giovanni Castiglioni beranggapan bahwa Mercedes AMG belum berubah menjadi mitra strategis. Giovanni Castiglioni juga telah mempersiapkan langkah baru untuk mencari investor baru bagi perusahaan sehingga nantinya bisa menghasilkan uang dan kemudian bisa merestrukturisasi hutang.

Advertisement

Kabar MV Agusta akan berpisah dari Mercendes AMG ini juga disebabkan marijin keuntungan yang diperoleh kurang besar karena banyaknya kompetitor yang ikut bersaing dengannya. Sebagai informasi, sebenarnya pada tahun 2015 yang lalu MV Agusta telah mengalami pembukuan positif karena MV Agusta memperoleh keuntungan yang besar pada penjualan model terbarunya serta harga sepeda motor yang mereka jual semakin kompetitif. Tercatat keuntungan yang diperoleh naik 30 persen.

Namun, seperti yang sudah diketahui bahwa MV Agusta juga punya hutang yang menumpuk. Maka keuntungan yang sudah naik sebesar 30 persen tersebut habis hanya untuk membayar sebagian hutangnya saja. Jika ditotal hutang yang dipunyai MV Agusta sebanyak 80 juta euro, dan berkat naiknya keuntungan di tahun lalu sekarang masih tersisa hutang sebanyak 40 jua euro yang belum terbayarkan.

 

 

Maka dari itu, langkah yang harus dilakukan MV Agusta dalam menyelesaikan masalah ini dengan beberapa cara diantaranya dengan mengurangi pekerja atau produksi. Di sisi lainnya, ada rumor juga yang mengatakan kalau Mercedes-Benz mau membeli perusahaan secara utuh. Baca juga MV Agusta Luncurkan Sportbike Berbusana Hello Kitty dan Motor Sport AMG-MV Agusta Lahir di Jerman.

Top