Google Alphabet Bikin Mobil Otomatis

Mobil Otomatis Google Fiat – Google via Alphabet tinggal selangkah lagi membuat mobil otomatis. Hal ini lantaran kejasamanya dengan Fiat Chrysler Automobiles sudah berada pada titik kesepakatan. Kabarnya, Chrysler Pacifica minivans akan menjadi korban pertama yang akan mereka buat. Dilansir dari europe.autonews.com (30/4/2016), sebenarnya perbincangan mobil otomatis ini sudah lama dilakukan dari beberapa bulan yang lalu. Namun mengenai kejelasan pihaknya memang baru akhir-akhir ini dikabarkan mencuat.

google alphabet bikin mobil otomatis

Sebelumnya, diisukan Google akan bekerjasama dengan General Motor. Namun kerjasama itu kandas sebelum disepakati. Pasalnya, baik Google maupun General Motor tidak menemui kesepakatan urusan kepemilikan teknologi dan data hasil mobilnya kelak. Walaupun ditengarai ingin menjual mobil otomatis, Google mnyatakan bahwa dirinya tidak mau terjun dalam dunia pembuatan mobil.

Dikabarkan pula, Google bahkan sudah sempat menguji mobil otomatisnya di Kalifornia dan beberapa negara bagian Amerika lainnya. Satu hal yang jelas dan dapat dipastikan, apabila mobil otomatis ini memang jadi dibuat oloeh Google-Fiat, tentunya Google yang akan menjadi pembuat otak mobilnya. Sedangkan Fiat yang akan menyediakan mobil yang mampu dikendalikan secara elektronis.

Paling disanyangkan dari kabar ini, Fiat dan Google enggan berkomentar tentang kerja sama ini. Maryann Keller, seorang konsultan industri otomotif menyatakan bahwa wajar saja Google tidak ingin membuat pabrik. Karena biayanya pasti mahal hanya untuk membuat satu mobil prototype di awal uji coba ini. Karenanya, Google hanya butuh pabrikan otomotif untuk menjalankan misi mereka. Sebenarnya siapa saja tidak bermasalah bagi Google. Satu hal yang terpenting adalah perusahaan otomotif tersebut mau menuruti apa mau mereka, Di sinilah kenapa Fiat yang menjadi pilihan.

separator

Kerjasama antara Google dan Fiat ini membuktikan bahwa Sillicon Valley, tempat tumbuhnya perusahaan-perusahaan raksasa teknologi, mulai melirik ke ranah teknologi mobil. Hal ini semakin memantapkan langkah Google. Pasalnya, di bulan September yang lalu, Google telah menarik pemain lama yakni John Krafcik. Saat ini John Krafcik adalah direktur Kia dan merupakan pendiri dari Hyundai.

Apabila melihat sepak terjang Google, rasanya pertarungan Google dan Apple akan semakin meluas ke ranah permobilan selain teknologi mobile. Pasalnya, Apple juga disinyalir sedang melakukan hal yang serupa yakni membuat mobil otomatis. Jika melihat perkembangannya, bukan tak mungkin beberapa tahun ke depan Apple dan Google punya merek dagang sendiri untuk mobil otomatis mereka. Baca juga Rem Otomatis Timbulkan Masalah Pada Ribuan Mobil Acura dan 2020 Menjadi Target Jepang Menjadi Era Mobil Otonomos.

Top