Lama Menghilang, Esemka Muncul dengan Status Siap Diproduksi Massal!

Mobil Esemka Lulus Uji Tipe Kendaraan dan Segera Diproduksi Massal – Masih ingatkah dengan mobil Esemka? Ya, mobil tersebut merupakan mobil buatan siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang bekerja sama dengan institusi serta industri dalam negeri dan beberapa perusahaan lokal. Mobil yang sempat menghilang tersebut kini muncul kembali dengan kabar yang menggembirakan.

Mobil Esemka Lulus Uji Tipe Kendaraan dan Segera Diproduksi Massal

Mobil buatan lokal tersebut dikabarkan sudah memasuki lulus uji tipe kendaraan bermotor yang dilakukan di Kementerian Perhubungan, dan berlanjut ke Kementerian Perindustrian. Seperti yang diketahui, sebelumnya nama Esemka digawangi oleh PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) dan cukup terkenal setelah diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo saat masih menjadi Walikota Solo tahun 2012 lalu. Namun setelah itu, kabarnya tiba-tiba menghilang sampai akhirnya resmi dipinang oleh PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL), yang merupakan perusahaan milik AM Hendropriyono.

Langkah dari PT ACL untuk menjadikan mobil Esemka menjadi mobil di tingkat nasional sepertinya tidak main-main, hal ini terbukti dari mobil Esemka yang sudah lulus iji tipe dan siap diproduksi secara massal. Dari lima kendaraan yang lulus uji tipe, Esemka punya model mobil yang populer di tanah air, yaitu multi purpose vehicle (MPV) dan sport utility verhicle (SUV). Hal ini dibenarkan oleh Dewanto selaku Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Kementerian Perhubungan yang mengatakan bahwa semua mobil Esemka sudah lulus uji tipe.

“Mobil Esemka sudah lulus semua, sekarang sedang dalam proses sertifikasi. Iya benar sudah bisa diproduksi masal, dan proses selanjutnya ada di Kementerian Perindustrian. Insya Allah minggu depan,” ujar Dewanto.

separator

Dengan demikian, Esemka telah memiliki 5 unit mobil yang didaftarkan dan kelimanya sudah lulus uji tipe. Namun untuk tipe yang akan dihadirkan nanti secara jelasnya belum dikabarkan. Sebagai informasi, PT Adi Citraperkasa Esemka (ACE) saat ini memiliki dua pabrik yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah dengan luas sekitar 13 hektar. Kemudian ada juga di wilayah Cileungsi dengan luas sekitar 25 hektare lebih. Dan jika semua perijinan telah terpenuhi, maka SMK dan ACL akan segera memproduksi secara massal dengan status mobil nasional. Baca juga Penantian Panjang Esemka Akhirnya Terbayar dan Mobnas Esemka Bakal Diracik di Pabrik Boyolali.

 

 

 

Top