ABS Wajib Di India

ABS Jadi Solusi Kecelakaan Di India – Kecelakaan kendaraan bermotor bukanlah hal yang baru di masa ini. Kendati bukan terbilang hal yang baru, kejadian ini selalu menarik perhatian untuk diupayakan sebisa mungkin tidak pernah terjadi. Karena selain kerugian materiil, tentunya kerugian dari sisi nyawa pengendara maupun penumpang termasuk pengguna jalan lain dipertaruhkan dalam setiap kejadiannya.

abs wajib di india

Salah satu kendaraan yang memeiliki faktor risiko kecelakaan terbesar adalah kendaraan roda dua. Pasalnya, secara default kendaraan roda dua berada pada titik yang tidak seimbang lantaran berjalan dengan dua roda secara vertikal. Berbeda dengan mobil yang akan selalu menapaki jalan dengan keempat ‘kakinya’, sepeda motor selalu membutuhkan pengendara untuk menegakkan posisinya di jalan raya. Itupun masih ditambah banyaknya ruang terbuka yang tidak dapat melindungi pengemudi dan penumpangnya apabila terjadi benturan. Sehingga sangat cocoklah kendaraan satu ini untuk disematkan sebagai kendaraan yang paling tidak aman dari kendaraan yang sudah aman di dunia.

Untuk mengatasi kelemahan tersebut, produsen kendaraan roda dua senantiasa berlomba-lomba untuk mengembangkan fitur keamanan yang disematkan dalam produk mereka. Salah satunya adalah fitur ABS. Fitur rem ini awalnya memang lebih dikenal untuk mobil, namun seiring perkembangan kekuatan mesin kendaraan roda dua yang mampu menendang lebih kuat, mau tak mau fitur ini ditanamkan di kendaraan roda dua.

Masalahnya tentu saja, ongkos produksi akan meningkat. Apabila tidak diseragamkan, akhirnya produsen yang mementingkan keamanan konsumennya menjadi tersingkirkan lantaran harganya yang lebih mahal. Menanggapi hal tersebut, Pemerintah di India bersinergi dengan situasi dan kondisi yang ada. Hal ini dilakukan dengan mewajibkan seluruh kendaraan roda dua yang dipasarkan di India dengan spesifikasi mesin di atas 125 cc dan power output min 16 hp, wajib menggunakan ABS sebagaimana dilansir dari Okezone (2/5/2016).

separator

Hal ini sekaligus menjadi jawaban atas keprihatinan masyarakat India atas kontribusi kecelakaan sebanyak 26 persen yang disebabkan oleh kendaraan roda dua. Namun napas masyarakat India baru dapat lega setelah tahun 2018. Lantaran, peraturan ini baru berlaku efektif kurang lebih dua tahun lagi pada 1 April 2018.

Sebagai informasi, ABS atau Antilock Braking System adalah sistem pengereman yang tidak mengunci roda secara terus menerus sebagaimana rem pada umumnya. Dengan memberikan denyut pengereman, roda pada system ABS tetap mampu menggelinding walau perlahan. Akibatnya, pengemudi masih bisa membelokkan kendaraannya menjauhi titik tumbukan. Baca juga Honda Brio Satya Kini Hadir Dengan Transmisi Matic Dan Sistem ABS dan Z250 ABS Tiba-Tiba Muncul di IIMS 2016.

Top