Esemka Persiapkan Diri Bersaing di Pasaran Nasional!

Esemka, Mobil Lokal yang Siap Bersaing di Pasaran Indonesia – Hambatan yang dihadapi monbil Esemka memang tidak sedikit, namun satu persatu hambatan tersebut diselesaikan dengan baik. Setelah pada tahun 2014 yang lalu menghilang tanpa adanya kabar, kini mobil Esemka kembali hadir dengan nasib yang lebih pasti di tangan PT Adiperkasa Cipta Esemka Hero (ACEH). Ini merupakan gabungan dari PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) dan PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL).

Esemka, Mobil Lokal yang Siap Bersaing di Pasaran Indonesia

Mobil Esemka tersebut dikabarkan akan mulai diproduksi pada akhir tahun 2016 ini. Dan sampai saat ini, tahapan yang berlangsung sudah sampai dalam proses ijin produksi di Kementrian Perindustrian.

Menurut Hosea Sanjaya selaku Managing Director PT ACEH mengatakan akan segera menyelesaikan segala urusan birokrasi demi upayanya menjadikan perusahaannya sebagai salah satu produsen yang akan berkembang besar di Indonesia.

“Ketika akan menjadi sebuah pabrikan otomotif dalam negeri, yang berskala menengah-besar, segala peraturan dan perizinan terkait, akan dilengkapi sebagaimana seharusnya. Semua persyaratan perizinan akan dipenuhi, karena kami punya kompetensi, sehingga seluruh prosesnya bisa selesai,” ujar Hosea.

Hosea juga berharap supaya kehadiran mobil Esemka bisa memberikan manfaat lebih kepada konsumen yang nantinya akan menggunakannya. Tetapi saat ditanya mengenai nasib mobil Esemka di tengah persaingan pasar yang sedang berkembang ini, ia tidak menanggapinya.

“Kami bekerja dengan kompetensi dan compliance (prosedural). Lebih dari itu bisnis Esemka harus bisa memberikan nilai tambah bagi konsumen,” ujar Hosea.

Sementara itu, kabar lainnya tentang mobil Esemka ini juga datang dari calon pemasok ban yang nantinya akan ikut bekerjasama dengan Esemka. Salah satu perusahaan tersebut adalah GT Radial. Dimana dari pihak Esemka sendiri juga sudah melakukan pengujian dan pengetesan terhadap beberapa produk ban GT Radial yang terdiri dari  Champiro Eco untuk mobil penumpang multi purpose vehicle (MPV), Savero SUV yang cocok digukakan pada mobil sport utility vehicle (SUV), serta Maxmiler Pro untuk mobil komersial atau pikap. Namun, belum ada keputusan resmi dari Esemka terkait kerja sama tersebut. Baca juga Mobil Esemka Lulus Uji Tipe Kendaraan dan Segera Diproduksi Massal dan Mobil Esemka Lulus Uji Tipe Kendaraan dan Segera Diproduksi Massal.

 

Top