Spesifikasi dan Harga TVS Apache RTR 180 Xventure Desember 2016

Spesifikasi dan Harga TVS Apache RTR 180 Xventure – Tak mau kalah dengan para pesaingnya yang rata-rata dari negara penghasil ramen, pabrikan India ini pada tahun 2014 menghadirkan TVS Apache RTR 180 Xventure. Motor ini didedikasikan untuk para jiwa petualang yang menyukai rintangan maupun perjalanan yang jauh. Dengan desain yang macho abis dan modern produk motor dari India ini juga membawa spesifikasi mesin yang cukup mumpuni untuk diajak berpetualang jauh. Kalo Mas Sena bilang motor ini laki abis. Nah pada kesempatan ini Mas Sena ingin membahas TVS Apache RTR 180 Xventure ini lengkap untuk bro semua, mulai dari spesifikasinya sampai dengan harganya. Maka dari itu yuk kita intip spesifikasi motor petualang dari India ini.

tvs apache rtr 180 xventure

TVS Apache RTR 180 Xventure adalah produk yang dikeluarkan oleh TVS untuk meregenerasi varian Apache RTR 180 yang terlebih dahulu dikeluarkan. Motor sport TVS terbaru ini untuk menegaskan varian lamanya akan jiwa petualang sejati. Varian terbaru ini hadir lebih solid dengan beberapa perubahan yang terjadi pada stripping, teknologi perpindahan gigi, suspensi, dan pelumasan gigi.  Motor sport dari India ini sebelum peluncuran resmi telah diujicoba dengan menempuh jarak 10426 km untuk menyusuri pulau Kalimantan yang sangat luas. Lalu bagaimanakah spesifikasi dari TVS Apache RTR 180 Xventure yang tangguh ini?

apache rtr 180 xventure

Spesifikasi TVS Apache RTR 180 Xventure

Untuk membedah motor ini kita pertama menilik spesifikasi TVS Apache RTR 180 Xventure dari segi desainnya. Jika melihat desainnya maka yang menarik adalah headlampnya yang tampil beda dengan motor petualang lain seperti Honda Tiger. Motor ini malah memiliki headlamp yang memiliki desain mirip dengan Satria FU. Namun untuk bodynya secara utuh desainnya seperti motor adventure pada umumnya dengan velg berukuran besar. Untuk strippingnya TVS Apache RTR 180 Xventure ini tampil dengan desain yang lebih garang dengan guritan garis-garis tegas untuk memperlihatkan kesan tangguh dan sporty dari motor ini. Untuk knalpot dari Spesifikasi Apache RTR 180 Xventure sendiri terpasang plat silver yang menambah kesan modern dari motor ini.

spesifikasi tvs apache rtr 180 xventure

Lalu jika kita menilik spesifikasi TVS Apache RTR 180 Xventure pada bagian speedometernya anda akan menemukan panel instrumen dengan konsep Digital Cockpit yang menampilkan berbagai instrumen motor seperti RPM Meter dan waktu yang tepat untuk melakukan servis. Rem dari motor petualang India ini juga cukup pakem dengan dipasangnya rem cakram yang berukuran 200 dan 270 mm. Untuk warnanya sendiri spesifikasi Apache RTR 180 Xventure terdiri dari 4 warna menarik yang bisa anda pilih diantaranya adalah putih, hitam, merah, dan hijau.

spesifikasi apache rtr 180 xventure

Sekarang kita masuk ke spesifikasi TVS Apache RTR 180 Xventure ini untuk bagian dapur pacunya. Dapur pacunya tampil garang dengan kapasitas mesinnya yang mencapai 177.4 cc.  Untuk jenisnya sendiri motor adventure ini dibekali mesin Single Overhead Samchaft (SOHC) 2 katup silinder tunggal yang dilengkapi dengan sistem pengapian IDI-Dual Mode Digital Ignition. Namun spesifikasi mesinnya menyisakan teknologi yang agak ketinggalan yaitu masih menggunakan sistem karburator dimana motor sport lainnya mulai menggunakan teknologi injeksi. Untuk melihat spesifikasi TVS Apache RTR 180 Xventure secara lengkap, Mas Sena tampilkan dalam tabel dibawah ini:

TVS Apache RTR 180 Xventure

Tipe : 4 tak
Kapasitas silinder : 177,4 cc
Jumlah silinder : Tunggal
Tenaga maksimal : 12,52 KW (17,03 bhp) pada 8500 rpm
Torsi maksimal : 15,5 Nm pada 6.500 rpm
Bore x stroke : 62,5 mm x 57,8 mm
Rasio kompresi : 9,5:1
Karburator : Mikuni BS-29
Katup : SOHC
Putaran idle : 1.400 rpm
Pengapian : IDI-Dual Mode Digital Ignition
Rem : Cakram ganda, depan 270 mm belakang 200 mm
Kapasitas tangki : 16 liter
Warna : Merah, putih, hijau dan hitam

Harga TVS Apache RTR 180 Xventure

Setelah Mas Sena menguraikan dengan lengkap spesifikasinya nah sekarang kita masuk ke bagian segmen harga TVS Apache RTR 180 Xventure terbaru yang dibandrol di Indonesia. Setelah melihat spesifikasinya motor petualang dari India ini cukup mantap dengan kapasitas mesinnya yang cukup besar 177.4 cc dan desainnya yang mencerminkan jiwa petualang sejati dengan konsepnya yang modern dan sporty. Namun sayangnya masih menggunakan sistem pengkabutan karburator yang tentunya membuat performa mesinnya kurang berjalan maksimal dibandingkan sistem injeksi. Lalu berapakah harga Apache RTR 180 Xventure yang secara resmi dibandrol di Indonesia?

harga tvs apache rtr 180 xventure

harga apache rtr 180 xventure

Harga TVS Apache RTR 180 Xventure jika menilik harganya cukup terjangkau untuk kalangan masyarakat Indonesia. Motor ini dibandrol dengan harga yang tidak terpaut jauh dengan Honda Verza yang sama-sama bermain di sektor motor petualang. Untuk harga Apache RTR 180 Xventure yang resmi dipasarkan di Indonesia sendiri adalah Rp 18.900.000,-. Harga tersebut berlaku untuk wilayah DKI Jakarta dan sudah merupakan harga On The Road. Jika dibandingkan dengan Honda Verza yang dibandrol Rp 17.5 juta maka motor petualang dari India ini lebih mahal sedikit yaitu dengan selisih harga sekitar 1 jutaan.

Harga TVS Apache RTR 180 Xventure
Sekitar Rp 18.900.000,- (OTR Jakarta)

Harga TVS Apache RTR 180 Xventure untuk daerah lain mungkin akan dibandrol dengan harga yang sedikit berbeda. Untuk lebih jelasnya bro semua bisa langsung datang ke dealer TVS terdekat. Bagaimana apakah motor petualang dari India ini menarik minat bro semua untuk membungkusnya ke rumah? Jika  sudah membungkusnya jangan lupa kabarin Mas Sena ya, hehe. Jika dilihat sih motor ini cukup stabil terbukti dari ujicoba yang dilakukan TVS melalui medan berat di Kalimantan sejauh 10ribuan kilometer. Segmen harga Apache RTR 180 Xventure ini mengakhiri perjumpaan kita dalam sesi kali ini. Baca juga Kawasaki Z250SL dan Mio Soul GT.

  • ahmad

    Pesen tvs apache 180cc bs lwt email gk ???

Top