Industri Komponen Otomotif Indonesia Berkembang Pesat

Konsistensi Indonesia dalam Menuju Negara Industri Otomotif Kian Jelas – Perlu diketahui bahwa industri komponen otomotif merupakan salah satu bagian yang terpenting bagi majunya industri otomotif di ranah Tanah Air. Bahkan, kualitas dari industri komponen di Indonsia sendiri mampu bersaing dengan negara lain dan cukup kompetitif.

konsistensi indonesia dalam menuju negara industri otomotif kian jelas

Hal tersebut dipertegas oleh I Made Dana Tangkas selaku Ketua Komite Tetap Industri Logam, Manufaktur, Alat Transportasi dan Elektronik Kamar Dagang dan Insutri Indonesia (Kadin) yang dikutip dari detikOto.com yang mengatakan bahwa hingga saat ini perkembangan industri komponen otomotif bisa dianggap kompetitif. Pasalnya, hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya komponen – komponen yang dieskpor ke berbagai negara di luar negeri yang cakupannya tak hanya di wilayah ASEAN saja melainkan juga di wilayah Afrika, termasuk negara-negara lain.

Selain itu, Made juga menugkapkan bahwa kualitas komponen yang disekpor pun sudah dianggap memenuhi kualitas standar ekspor dan cukup kompeitif. Sebab, menurutnya bahwa quality cost and delivery sudah dimiliki dan masuk dalam hitungan sebagai standar global.

Advertisement

Aakan tetapi, untuk soal kuantitas, jumlah pelaku industri komponen di Indonesia masih kalah jauh jika dibandingkan dengan Thailand. Di Indonesia sendiri hingga samapai sekarang, jumlah industri komponen di tier 1 (komponen inti) berjumlah 550 perusahaan. Semantara, untuk tier 2 dan tier 3 yang disebut sebagai komponen pelengkap dan tambahan jumlah pelaku industri sebanyak 1000 perusahaan. Sedangkan, untuk jumlah outlet, workshop, dan suku cadang mencapai 14 ribu.

“Ya memang kalau dilihat kondisi saat ini industri komponen kita itu setengah Thailand. Tier 1, tier 2, dan tier 3 bisa dikatakan setengahnya lah ya. Mereka 2.400-an, kita masih 1.000-an,” tutur I Made. Baca juga Akhirnya, Rencana Gaikindo Merilis Indonesia Automotive Institute Segera Terwujud dan SUV FT Concept Bakal Meluncur Gantikan Daihatsu Terios.
Top