Suara Mercedes-AMG GT S Berubah-Ubah

Knalpot Mercedes-AMG GT S Tidak Konsisten – Siapa yang tak kenal dengan Mercy? Bisa dibilang, merek satu ini sudah menjadi high-class brand sudah sejak lama. Kerennya, kejayaan Mercedes masih saja tidak terhapuskan dari dunia kelas atas yang mendambakan mobil mewah khas Mercy. Tentunya, hawa mewah khas Mercy juga diterapkan pada model Mercedes-AMG GT S. Mobil mewah dengan kesan Sporty ini dikabarkan memiliki suara knalpot yang berubah-ubah.

suara mercedes amg gt s berubah ubah

Berubahnya suara knalpot tersebut bukan lantaran masalah mesin atau kendala lainnya. Pasalnya, perubahan suara knalpot ini merupakan fitur default yang diberikan pabrikan untuk menambahkan kesan keren bagi pengendara Mercedes-AMG GT S ini. Walaupun secara umum tidak penting lantaran bukan fitur utama yang memengaruhi performa mobil, namun keberadaan fitur pengubah suara knalpot ini menjadi wajib untuk mendukung desain  sporty yang dimiliki oleh mobil ini.

Advertisement

Konsep ubahan suara knalpot ini bukannya berjalan liar tanpa kendali seperti berubahnya suara knalpot berlubang, melainkan emlalui navigasi tombol yang dapat di atur oleh pengendaranya. Fungsi ini dapat di atur melalui tombol bergambar knalpot di panel tengah ruang kemudi mobil ini. Apa perbedaannya? Jika dilihat versi standarnya tanpa mengaktifkan fitur, bisa dibilang raungan knalpotnya sudah standar keren dari sananya. Sehingga mengaktifkan fitur ini akan menyebabkan kegalakan suara knalpot khas mobil-mobil balap di jalanan.

Dilansir dari Kompas (10/5/2016), perbedaan suara akan lebih kentara apabila mode Spor+ atau race juga diaktifkan. Pasalnya, ketika pedal gas diinjak hingga menyentuh angka 2500 rpm dan kemudian dilepaskan, akan muncul suara ledakan yang menimbulkan persepsi kemampuan mesin V8 yang super gahar tersebut.

Suara ledakan tersebut tak hanya terjadi pada saat gas dilepaskan untuk berhenti. Pasalnya, ketika melakukan akselerasi yang membutuhkan pelepasan gas ketika mengganti gigi pun ledakan akan tetap terjadi yang benar-benar memacu adrenalin.  Apabila dipersepsikan, suara knalpot tersebut mirip dengan suara ledakan yang dihasilkan dari anti-lag turbo unit.

Nah, fitur tersebut sering disebut sebagai exhaust system. Fitur ini memiliki katup pada bagian knalpot yang dapat diubah sesuai settingan pada tombol. Sebagaimana diketahui, apabila bentuk dari knalpot berubah akan berpengaruh pada perubahan suara yang dihasilkan. Katup inilah yang bertanggung jawab untuk mengubah bentuk jeroan knalpot sehingga mampu lebih galak. Baca juga Skandal Emisi Kini Menjerat Daimler Chrysler dan Arnold Schwarzenegger Melelang Unimog Miliknya di Situs Ebay.

Top