Garansindo Meliuk Ke Astra

Tercium! Garansindo Mau Rakit Kendaraan – Akhir-akhir ini nama Garansindo kembali mencuta dengan apiknya di pasaran otomotif dunia. Kendati termasuk pemain lama dalam dunia otomotif, namun memang tak bisa dipungkiri kontribusinya dalam proyek skuter listrik Gesits membuat namanya lebih dikenal di masyarakat luas dari berbagai segmen. Hal yang jelas, pemain lama di dunia otomotif rasanya tahu bahwa Garansindo awalnya hanya bermain di kelas purna jual. Namun seiring dengan perkembangan waktu, Garansindo menjelma sebagai agen pemegang merek besar di Indonesia.

garansindo meliuk ke astra

Sebut saja, roda empat sekelas Jeep, Chrysler, Dodge, Fiat, dan Alfa Romeo-pun mampu disabetnya untuk dipasarkan di tanah air ini. Itupun masih ditambah kelas roda dua, Zero Motorcycle, Italjet, dan Peugeot Scooter yang bisa dibilang bukan kendaraan sembarangan. Tentunya sebagai agen pemegang merek, Garansindo telah memberikan bukti bahwa perusahaannya siap sedia untuk bersaing di pasaran otomotif di Indonesia.

Advertisement

Masalahnya bukti ini sedikit membebani Garansindo. Pasalnya, Pemerintah saat ini sedang sibuk menggenjot produksi otomotif dalam negeri. Dampak jangka pendek yang bisa dilihat sederhana saja, mekanisme impor yang selama ini dilakukan oleh Garansindo akan terasa lebih sulit ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Meskipun dalam skala rasional belum tergambarkan, namun intuisi pebisnis ulung tentunya akan merasakan hal ini sebagai hal yang berbahaya bagi kelangsungan bisnis perusahaan.

Untuk itu, diperlukan kiat-kiat baru untuk menghadapi pasaran otomotif di tanah air. Dilansir dari Kompas (12/5/2016), Garansindo disebut-sebut sedang berusaha menggaet salah satu perusahaan perakitan dari Astra Group. Hal ini disinyalir dilakukan lantaran apabila Garansindo banting stir ke arah produksi murni, dipastikan over investasi lantaran harus membuat pabrik yang tentunya membutuhkan biaya besar dari berbagai sisi.

DIlansir dari laman yang sama, tersebutlah PT. Gaya Motor sebagai pihak yang berusaha digaet oleh garansindo ini. Meskipun nama perusahaan ini tidak sepopuler AHM ataupun Astra Daihatsu, nyatanya perusahaan ini merupakan pabrik dari BMW, Isuzu, dan UD Truck di Indonesia. Sehingga kemampuannya dalam melakukan perakitan sudah tak perlu diragukan lagi. Walaupun merupakan bagian dari Astra Group, namun Gaya Motor merupakan pabrik terbuka yang siap menerima pekerjaan dari perusahaan lain. Pasalnya, kapasitas produksi Gaya Motor ada di 40 ribu unit, sedangkan sekarang masih kosong tiga channel yang dapat diisi oleh pihak manapun juga. Baca juga Motor Listrik Nasional Duet Garansindo dan ITS dan Garansindo Menyayangkan Komentar AISI.

Top