Hampir Setahun, Bagaimana Kabar si Mungil Daihatsu Copen di Tanah Air?

Penjualan Keicar Daihatsu Copen di Indonesia Terbilang Sepi – Jika diingat, pada tanggal 28 Mei 2015 lalu di Bali PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan produk terbarunya di Indonesia. Tak terasa, sebentar lagi si mungil nan stylish Copen akan menginjak usianya yang kesatu tahun di pasar Tanah Air. Lalu, sejauh ini seperti apa angka penjualannya?

penjualan keicar daihatsu copen di indonesia terbilang sepi

Nampaknya masyarakat Indonesia memang tak terlalu menggemari jenis kendaraan keicar. Pasalnya, kehadiran Daihatsu Copen di Indonesia terbilang sepi pembeli. Sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, ADM hanya berhasil mencatat angka penjualan yang bahkan tak mencapai 100 unit.

Hal ini seperti yang diungkap oleh Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandra seperti yang dirangkum dari halaman Okezone, Kamis (12/05/2015),”Enggak banyak kami jual, enggak sampai 100 unit. Yang laku terjual itu ada transmisi matik ada juga yang manual,” Paparnya.

Perempuan yang akrab disapa Amel tersebut juga merasa maklum dengan hal yang terjadi terhadap angka penjualan Daihatsu Copen. Ia bahkan menyadari bahwa konsumen Indonesia memang masih ragu untuk membeli mobil dengan kapasitas mesin yang kecil seperti keicar mungil Copen.

separator

Masyarakat Indonesia masih mempermasalahkan kapasitas mesin yang hanya 660 cc. Sementara konsumen, lebih menyukai mobil dengan kapasitas mesin minimal 1.000 cc. Masih bayak kekhawatiran terhadap kapasitas mesin kecil seperti siantaranya tenaga, kekuatan saat menanjak, meskipun padahal telah dilengkapi oleh tenaga turbo.

Bukan hanya soal mesin saja, Amel kemudian melanjutkan untuk jenis keicar juga memiliki harga jual yang terbilang tinggi. Pajaknya yang berlipat-lipat karena diboyong dalam bentuk utuh (CBU) dari Jepang.

Terlebih lagi keicar sendiri memiliki penilaian sebagai kendaraan koleksi, bukan untuk kendaraan sehari-hari. Untuk itulah masih banyak pertimbangan bagi konsumen untuk membeli keicar.

Sebagai informasi, Daihatsu Copen dengan transmisi menual di Indonesia dibanderol dengan harga Rp421,55 juta, sementara untuk varian dengan transmisi otomatis ditawarkan dengan harga Rp436,55 juta.

Awalnya, Copen sendiri didatangkan langsung dari Jepang ke Indonesia untuk memperlihatkan pada masyarakat Tanah Air bahwa Daihatsu juga memiliki produk mobil coupe dengan fitur yang unik dan modern serta tak meninggalkan penampilannya yang sporty elegan. Baca juga Jakarta Auto Show 2015 Hadirkan Primadona Baru dan Toyota Semakin Kokoh Kuasai Pasar di Indonesia

Top