Berbuntut, Skandal Konsumsi BBM Mitsubishi Belum Tuntas!

Skandal BBM Mitsubishi Indikasikan Model Lain – Setelah menjalani beberapa proses penyelidikan, rupanya kasus skandal BBM yang menjerat Mitsubishi masih belum tuntas. Dalam hal ini, justru ditemukan indikasi baru bahwa skandal tersebut menjalar pada model selain Keicar yang dipasarkan di Jepang.

skandal bbm mitsubishi indikasikan model lain

Dari hasil pemeriksaan, dikabarkan bahwa model lain yang telah dimanipulasi data konsumsi BBMnya adalah Mitsubishi RVR atau yang populer dengan nama produksi Outlander Sport. Seperti diketahui, kendaraan ini telah dipasarkan secara global sejak tahun 1991 silam. Bukti ini juga menguak fakta bahwa Mitsubishi telah melakukan kecurangan pada data konsumsi bahan bakar tesebut sejak tahun 1991 lalu.

Seperti informasi pada Bloomberg yang dilansir dari halaman Okezone, Kamis (12/05/2016) tertulis bahwa Mitsubishi Motor Corp telah mengakui bahwa diperkirakan skandal ini terjangkit pada sembilan model kendaraan sport lainnya yang melakukan metode pengujian sama dengan Keicar miliknya.

Dalam keterangannya, Osamu Masuko selaku Ketua Tim Internal Mitsubishi juga merilis bahwa adanya tambahan model yang diperkirakan memiliki dampak dari skandal tersebut. Namun, sejauh ini kesembilan model tersebut masih belum dapat dipastikan hasilnya karena masih menjalani serangkaian proses penyelidikan dan pengujian.

separator

Jika nantinya terbukti, bahwa Mitsubishi Jepang melakukan kecurangan sejak puluhan tahun silam, tentu sanksi yang akan diberlakukan juga akan semakin besar. Terlebih lagi untuk beberapa model dipasarkan secara global, sehingga kompensasi yang harus diberikan juga akan berlipat-lipat ganda.

Pemerintah Jepang melalui Departemen Perhubungan menyatakan laporan hasil pengujian yang dilakukan oleh Mitsubishi dengan shli peneliti yang disewa produsen berlogo tiha berlian ini masih belum memberikan hasil yang sesuai dan lebih akurat. Untuk itu, fakta dari ada atau tidaknya penyalah gunaan manipulasi data yang dilakukan tersebut masih belum sepenuhnya terungkap.

Untuk data secara lengkap, Pemerintah Jepang meminta kepada Mitsubishi untuk segera melengkapi hasil dari pengujian dan segera melaporkan adanya sembilan model baru yang terindikasi atas skandal konsumsi bahan bakar tersebut pada tanggal 18 Mei mnedatang.

Lalu, bagaimana tanggapan Mitsubishi atas temuan terbaru ini? Baca juga Menhub Jepang Minta Mitsubishi Terbuka Soal Skandal Konsumsi Bahan Bakar dan Terkait Skandal BBM, Dua Petinggi MMC Dikabarkan Mengundurkan Diri

Top