Dirakit Lokal, Bukan Jaminan Harga BMW Lebih Murah!

Diproduksi Lokal, Harga Jual BMW Tak Beda Jauh dengan CBU – Jika pada kebanyakan mobil yang dirakit secara lokal akan dibanderol dengan harga jual yang lebih murah, pernyataan sama sekali tak berlaku untuk produk BMW. Produsen kendaraan premium ini tak menjanjikan harga yang lebih murah meskipun produknya didatangkan bukan secara completely built up (CBU). Mengapa?

diproduksi lokal harga jual bmw tak beda jauh dengan cbu

Dalam hal ini, Jodie O’tania selaku Head of Corporate Communications BMW Group Indonesia menegaskan, seperti yang dilansir dari Okezone, Kamis (12/05/2016) bahwa meskipun mobil BMW telah dirakit di Indonesia harganya tetap tidak jauh beda dengan produk yang didatangkan secara utuh atau CBU dari luar negeri.

Dikutip dari sumber yang sama, “Kami tidak bicara kalau perakitan di Indonesia itu harga akan jadi leboih terjangkau. Misalkan untuk X1 dirakit di Indonesia, tetapi semua bagian, mulai dari performa mesin, kualitas, bahkan hingga varian modelnya juga sangat lengkap. Telah disematkan BMWConnected, navigasi secara keseluruhan sama dengan yang diproduksi di luar Indonesia. Tentu kami tidak bisa berbicara masalah harga,” Ujar Jodie.

Ia lalu melanjutkan, bahwa adanya produk dari BMW yang dirakir secara lokal semata-mata bukan untuk masalah harga, namun sebagai bukti atas komitmen BMW untuk pasar Indonesia. Jadi, meski dilakukan perakitan secara lokal, namun sebaiknya konsumen tak berharap terlalu tinggi bahwa harganya akan lebih terjangkau, selayaknya kendaraan lain yang dirakit secara lokal. Pasalnya, kaulitas dari produk-produk BMW akan tetap sama dengan yang ada di pasar Internasional.

separator

Meski memang ada beberapa pengaruh seperti pajak atau bea cukai yang tidak setinggi produk yang diimpor secara CBU, namun jika melihat fluktuasi dari nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, tentu hal ini menjadi pengaruh yang lebih besar.

Dalam hal ini, Jodie sempat menyebut pengaruh tersebut juga berkaitan dengan penyimpanan di gudang yang secara keseluruhan tetap membutuhkan biaya sewa yang menggunakan mata uang dolar.

Seperti diketahui, BMW Group Indonesia telah melakukan perakitan mobil secara lokal sejak tahun 2011. Adapun beberapa model yang dilakukan perakitan lokal di Indonesia adalah All New X5 Advanced, Seri 3 Sedan, Seri 5 Sedan, SUV X1 dan X3.

So, tak perlu heran jika harga BMW tetap berada pada level kendaraan mahal. Baca juga BMW Investasi 100 Miliar Rupiah di 2011 dan BMW Group Indonesia Mendapat Kepercayaan dari BMW

Top