Selain Mewah, Pintu Geser Dibuat Karena Fungsional

Alasan Pintu Geser Dihadirkan Pada Mobil MPV – Pintu geser memang sudah identik dengan pintu pada mobil multi purpose vehicle (MPV) terutama untuk mobil kelas menengah ke atas. Tak salah jika sebuah mobil didukung dengan pintu geser maka akan memberikan kesan lebih mewah dibandingkan pintu biasa.

Alasan Pintu Geser Dihadirkan Pada Mobil MPV

Tidak hanya memberikan kesan mewah saja, tetapi pintu geser juga didesain karena mengarah kepada fungsionalitas. Secara garis besar, model pintu pada mobil MPV ada dua macam. Yang pertama adalah model pintu konvensional, dimana modelnya berengsel dan dibuka menghadap ke belakang. Dan yang kedua adalah model pintu geser yang terpasang pada sistem rel di samping bodi mobil.

Di negara Indonesia sendiri, ada beberapa merek mobil yang menawarkan dua model mobil MPV dengan jenis pintu geser yaitu Honda dengan Freed dan Odyssey, Daihatsu dengan mobil Grand Max dan Luxio, serta Toyota dengan NAV1, Alphard/Vellfire, dan produk terbaru yang rencananya baru akan dipasarkan pada bulan Juli mendatang yakni Toyota Sienta. Dari semua merek mobil yang ada di Indonesia, kebanyakan yang menghadirkan model pintu geser adalah merek Nissan dengan mobil andalannya Evalia, Elgrand dan Serena. Karena satu-satunya MPV Nissan yang menawarkan pintu konvensional hanyalah Grand Livina.

Menurut penjelasan dari Budi Nur Mukmin selaku General Manager Marketing Strategy and Product Planning Nissan Motor Indonesia (NMI) mengungkapkan salah satu kelebihan pintu geser adalah karena fleksibilitas. Dengan adanya pintu geser, maka akses masuk-keluar penumpang atau barang ke kabin lakan ebih mudah serta tidak makan tempat di area parkir. Selain itu produksi dari pintu geser juga dibutuhkan material yang lebih mahal karena teknologi yang digunakannya lebih tinggi dibandingkan dengan model pintu konvensional. Tetapi meski begitu, pintu geser tidak hanya tersedia pada mobil jenis MPV mewah saja karena mobil Evalia  dan Grand Max yang termasuk ke dalam low MPV juga mempunyai pintu geser. Dan secara umum, ciri khas MPV engan pintu geser di Indonesia adalah didukung bodi mengotak yang disertai dengan desain hidung pesek. Baca juga Popularitas Mobil SUV Berpotensi Gerus Segmen Lainnya dan Mitsubishi Pilih Dahulukan Pajero Daripada Low MPV Baru.

 

Top