Ambil Alih Mitsubishi, Bos Nissan Siapkan Rencana untuk Triton dan Navara

Nissan Mulai Susun Rencana Setelah Berhasil Kuasai Mitsubishi – Skandal yang menjerat Mitsubishi memang meninggalkan buntut panjang. Kerugian demi kerugian harus ditanggung. Hilangnya kepercayaan konsumen, recall, hingga kaburnya investor membuat Mitsubishi mengalami kesulitan dan terpaksa merelakan sahamnya dibeli oleh Nissan. Peluang ini, diambil Nissan karena melihat potensi atas branding Mitsubishi masih terbilang populer. Di tangannya, Nissan telah siap merancang serangkaian rencana untuk menghidupkan kembali produk-produk Mitsubishi.

nissan mulai susun rencana setelah berhasil kuasai mitsubishi

Setelah resmi menguasai Mitsubishi, Nissan langsung berencana untuk menggabungkan produk kendaraan pada segmen pikap kabin ganda miliknya dengan milik Mitsubishi. Kedua produk tersebut adalah Nissan Navara dan Mitsubishi Triton.

Rencananya, kedua produk pikap kabin ganda ini akan dikembangkan dengan menggunakan platform yang sama, meskipun secara desain dan tampilan keduanya masih tetap berbeda. Desain berbeda tersebut dipertahankan karena memang penggemar dari Navara dan Triton telah memiliki seleranya masing-masing dan sasaran konsumen yang berbeda pula.

“Sangat mungkin kedua model ini akan menggunakan platform yang sama, tapi kami akan mengembangkan mobil berbeda karena keduanya memiliki pelanggan tidak sama,” Ujar Carlos Ghosn selaku Chiarman of the Renault-Nissan Alliance seperti yang dikutip dari Okezone, Sabtu (14/05/2016).

Advertisement

Pihaknya lalu menambahkan, dengan menggunakan satu platform yang sama untuk kedua model yang berbeda tentu saja akan bisa lebih menghemat biaya pengembangan pada satu produk. Karena pada dasarnya, kedua kendaraan tersebut merupakan satu segmentasi yaitu pikap kabin ganda. Cara inilah yang akan dilakukan Nissan-Mitsubishi untuk menghemat biaya produksi, namun tetap menghadirkan varian yang berbeda.

Sejauh ini, baru sebatas hal tersebut yang diungkapkan. Bahkan, bos Nissan masih belum mengungkapkan apakah untuk kedua model Navara dan Triton akan menggunakan dua varian mesin ataukah tidak.

Yang jelas, Nissan akan berupaya untuk meningkatkan penjualan dari produk Mitsubishi, karena untuk meminang perusahaan ini Nissan harus mengeluarkan dana yang tak sedikit. Untuk membeli saham Mitsubishi, Nissan harus menggelontorkan dana sebesar 2,2 Miliar USD atau setara dengan Rp 28,99 triliun.

Akhirnya, masa depan Mitsubishi telah diserahkan sepenuhnya pada Nissan. Baca juga Mitsubishi Akan Segera Di Bawah Nissan dan Mitsubishi Alami Rugi Besar, Nissan Berniat Ambil Alih Perusahaan

Top